198 Calon Guru Penggerak Se Kabupaten Sleman Pamerkan Karya Inovatif

by -59 Views
Bupati Sleman Kustini S Purnomo meninjau salah satu stand pameran Panen Karya Guru Penggerak Sleman.

YOGYAKARTA, EDUKATOR--Sebagai upaya meningkatkan profesionalisme para guru, Balai Besar Guru Penggerak Daerah Istimewa Yogyakarta (BBGP DIY), Sabtu (27/4/2024 ) menggelar kegiatan Festival Panen Karya Guru Penggerak (FPKGP) 2024 di Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Seni dan Budaya ( BBP2MPVSB ) Yogyakarta.

Festival yang dibuka oleh Bupati Sleman Dra.Kustini S Purnomo ini diikuti oleh 198 orang Calon Guru Penggerak se Kabupaten Sleman dengan materi kegiatan berupa Pameran Karya Guru, Berbagi Praktek Baik dan Lokakarya Pendidikan.Bupati Sleman Kustini S Purnomo melakukan pemotongan pita sebagai tanda pembukaan Festival Panen Karya 2024 di BBP2MPV SB, Sabtu (27/4/2024).

Penanggung Jawab Program Guru Penggerak Nunik Sukesi SH, M.Pd mengemukakan, Festival Panen Karya kali ini merupakan merupakan rangkaian dari Program Guru Penggerak ( PGP) yang saat ini sudah berlangsung 9 angkatan. Program ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada para guru agar dapat menjadi pemimpin pembelajaran di lingkungan kerja masing-masing.Nunik Sukesi SH,M.Pd — Penanggung Jawab PGP Angkatan 9

“Program PGP ini bertujuan dapat menumbuhkembangkan potensi peserta didik dan aktifmengembangkan pendidik lainnya dalam mengimplementasikan pembelajaran yangberpusat pada peserta didik untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.” ujar Nunik kepada sejumlah awak media disela-sela kegiatan.

Selanjutnya Nunik mengungkapkan, ada PGP Angkatan 9 ini Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) mendapatkan tugas untuk melaksanakanprogram di 10 Kabupaten/Kota yang berada di provinsi DIY dan DKI Jakarta . Sasaran total sebanyak 1549 guru , dengan rincian 719 guru di DIY . Dari jumlah tersebut, khusus untuk wilayah Sleman mampu menjaring sebanyak 198 orang.

Proses pembekalan PGP dilaksanakan selama 6 bulan dengan menggunakan metode pelatihan dalam jaringan (daring),lokakarya, dan pendampingan individu. Proporsi kegiatan terdiri atas 70% belajar ditempat bekerja (on-the-job training), 20% belajar bersama rekan sejawat, dan 10%belajar bersama narasumber, fasilitator, dan Pengajar Praktik.

Sementara itu, Bupati Sleman Dra.Kustini Sri Purnomo dalam sambutannya mengemukakan, Pemerintah Kabupaten Sleman selalu memikirkan untuk meningkatkan kualitas para guru yang ada di Sleman. Sebab, Pemerintah menyadari bahwa guru merupakan ujung tombak pendidikan yang melahirkan generasi unggul dan berkarakter.

“Profesi guru itu luhur sekali, karena guru melahirkan generasi yang beradab bernurani , bermoral dan berkarakter Pancasila. Oleh karena seorang guru harus mampu menanamkan sifat akhlaqul karimah , nilai-nilai moral, nilai budaya dan etika kepada para peserta didiknya. “ ujar Kustini.

Kustini juga berpesan kepada para calon guru penggerak agar tidak segan-segan melakukan transformasi ilmu kepada anak didik dan terus berkarya melahirkan gagasan-gagasan baru , karena kualitas pendidikan khususnya di Sleman nantinya bergantung pada inovasi dan kreatifitas para guru penggerak.

“Jadilah guru yang bisa menginspirasi dan memberi motivasi kepada anak-anak kita dan sekaligus kepada guru lain, sehingga nantinya di Sleman lahir guru-guru teladan dan profesional ” tandas Kustini.

Pada sisi yang lain salah seorang Guru Penggerak Nur Fitriyadi, M.Pd mengemukakan, Panen Karya merupakan ajang pameran inovasi dari para calon guru penggerak. Pameran karya ini merupakan bagian tak terpisahkan dari Progran Guru Penggerak, sehingga karya para peserta itu nantinya juga akan dinilai.

Untuk Pameran karya kali ini ditampilkan 40 buah stand dari para guru Pengajar Praktek ditambah dengan karya-karya calon guru penggerak . Oleh karena Pameran Panen Karya kali ini merupakan puncak dari kegiatan pembekalan yang telah dijalani selama 6 bulan berselang.

Nur Fitriyadi berharap, melalui kegiatan Panen Karya ini nantinya dapat memicu inspirasi para guru lainnya sehingga mampu menjadi guru yang kreatif dan inovatif. (*/Sulist Ds)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.