*Dorong Inovasi Berbasis AI dan Pendekatan Reflektif di Kelas
SEMARANG, EDUKATOR–SMP Negeri 17 Semarang menggelar kegiatan In House Training (IHT) bertajuk Kurikulum dan Pembelajaran Mendalam pada Sabtu (19/7/2025), bertempat di ruang guru sekolah setempat. Acara ini diikuti seluruh guru SMPN 17 Semarang, serta sejumlah guru tamu dari sekolah lain sebagai bentuk kolaborasi lintas satuan pendidikan untuk peningkatan kualitas pembelajaran.
Kepala SMPN 17 Semarang, Heppy Anggaryani Sri W., S.Pd., membuka kegiatan dengan menekankan pentingnya penerapan pendekatan pembelajaran mendalam di kelas.
Ia menyampaikan bahwa pembelajaran mendalam bukan sekadar strategi, melainkan pendekatan transformatif yang mendorong siswa berpikir kritis, kreatif, dan reflektif dalam menghadapi persoalan dunia nyata.
Dalam sambutannya, ia mengajukan pertanyaan reflektif kepada para peserta. “Sudahkah kita mengajar dengan cara yang membuat siswa benar-benar berpikir dan memahami makna pembelajaran itu sendiri?”.
SMP 17 Semarang, lanjutnya, berkomitmen untuk terus mendorong budaya belajar guru agar proses belajar siswa semakin bermakna, menyenangkan, dan relevan dengan kehidupan.
Tiga Narasumber
Pelatihan ini menghadirkan tiga narasumber berpengalaman. Supriyono, S.Pd. membahas konsep dasar serta tantangan implementasi pembelajaran mendalam di era digital.
Doni Riadi, S.Pd. mengupas pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, dan pendekatan inkuiri kolaboratif untuk menciptakan kegiatan belajar yang bermakna.Tukijo, M.Pd sedang memaparkan materi
Sementara itu, Tukijo, S.Pd., M.Pd., guru Bahasa Jawa SMPN 17 Semarang, memaparkan praktik baik dalam penyusunan RPP Pembelajaran Mendalam lintas mata pelajaran.
Rangkaian kegiatan berlangsung dinamis melalui diskusi, praktik penyusunan RPP, dan simulasi penerapan pembelajaran berbasis AI yang mendukung penguatan karakter serta kompetensi siswa.
Melalui pelatihan ini, seluruh peserta diharapkan memperoleh pemahaman mendalam dan mampu menerapkan strategi pembelajaran secara kontekstual di kelas masing-masing. (Tkj/Prs)