Guru SMPN 5 Satu Atap Karangmoncol Dibekali Keterampilan Memanfaatkan Aplikasi Canva

by -427 Views
Para guru SMPN 5 Karangmoncol tengah giat belajar bersama memanfaatkan aplikasi Canva untuk pembelajaran. (Foto: Humas SMPN 5 Karangmoncol/EDUKATOR)

PURBALINGGA, EDUKATOR–Memenuhi tuntutan pembelajaran di era digital, para guru SMP Negeri 5 Satu Atap Karangmoncol Purbalingga, Selasa (19/12/2023) lalu belajar bersama memanfaatkan aplikasi Canva untuk pembelajaran, di ruang kelas IX sekolah setempat.

Bertindak sebagai narasumber Kholidin, SH, guru SMPN 5 Satu Atap Karangmoncol yang juga penerima anugerah guru terbaik 1 Kabupaten Purbalingga tahun 2023, dan guru teraktif dalam Aksi Nyata pada Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Meskipun berada di pelosok desa, tepatnya sekolah ini berada di Jl. Raya Paguyangan – Desa Sirau, Kecamatan Karangmoncol Purbalingga, namun semangat para guru untuk terus belajar bidang Informasi dan Teknologi (IT), patut diacungi jempol.

Kepala SMPN 5 Satu Atap Karangmoncol, Mujirin, S.Pd M.Pd kepada EDUKATOR mengemukakan, kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan digital/IT guru-guru dalam kegiatan pembelajaran.Kepala SMPN 5 Satu Atap Karangmoncol, Purbalingga, Mujirin, S.Pd M.Pd.(Foto: Istimewa/ EDUKATOR)

“Sekaligus kegiatan ini dalam rangka memaksimalkan pemanfaatan sarana media pembelajaran yang dimiliki sekolah, yakni berupa Smart TV 56 inchi yang dipasang pada semua tingkat kelas, mulai dari kelas VII, VIII dan kelas IX. Untuk itu, semua guru dilatih menggunakan media aplikasi Canva dan memanfaatkannya secara aktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas,” ujar Mujirin.

Canva adalah platform desain grafis daring yang memungkinkan guru sebagai penggunanya untuk membuat berbagai macam jenis desain visual tanpa memerlukan keterampilan desain yang mendalam. Dengan aplikasi Canva, para guru SMPN 5 Satu Atap Karangmoncol dapat membuat poster, spanduk, undangan, media sosial, presentasi, dan banyak lagi dari berbagai alat desain yang sudah tersedia templatenya.Kholidin SH, guru SMPN 5 Satu Atap Karangmoncol, penyaji materi.

Mujirin menjelaskan, Canva memberikan sejumlah manfaat, terutama bagi para guru yang tidak memiliki latar belakang dalam desain grafis atau ingin membuat desain dengan cara yang cepat dan mudah.

Adapun beberapa manfaat dari aplikasi Canva, lanjut Mujirin, yakni mudah digunakan, tersedia template desain, elemen desain yang banyak variasinya, alat pengeditan yang beragam, bisa kolaborasi tim, penyimpanan daring, penggunannya fleksibel, dan ada versi gratis maupun berlangganan.

Kerja Keras
Mujirin yang menjabat sebagai kepala sekolah di sekolah ini per 12 Mei 2023 mengakui, keterbatasan yang ada membuat dirinya bersama guru dan tenaga kependidikan dituntut bekerja keras untuk memajukan sekolah ini.

Saat ini, SMPN 5 Satu Atap Karangmoncol memiliki 1 kepsek berstatus pegawai negeri sipil (PNS), 6 guru berstatus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), satu Guru Tidak Tetap (GTT), dan satu Pegawai Tidak Tetap (PTT). Sedangkan jumlah siswa yang ada pada tahun pelajaran 2023/2024 ini ada32 orang, terdiri kelas 7 ada 14 siswa, kelas 8 (8 siswa), dan kelas 9 ada 10 siswa.

“Sekolah ini berdiri tahun 2008. Saat ini, kami harus bekerja keras untuk meningkatkan kualitas pembelajaran maupun kuantitas dengan target menambah jumlah siswa,” ujar Mujirin.(Humas SMPN 5 Satu Atap Karangmoncol/Prasetiyo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.