Lima Profesor Baru Dikukuhkan, Unsoed Kini Miliki 133 Profesor

by -100 Views
Rektor Unsoed Prof.Dr.Ir Akhmad Sodiq M.Sc., Agr., IPU (paling kanan) dan Ketua Senat Unsoed Prof. Dr. Ir. Mas Yedi Sumaryadi, M.S., IPU (paling kiri) bersama lima profesor baru Unsoed. (Foto: Humas Unsoed/EDUKATOR)

PURWOKERTO, EDUKATOR–Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) kini memiliki 133 profesor, setelah lima profesor baru dikukuhkan melalui Sidang Terbuka Senat yang dipimpin Ketua Senat Unsoed Prof. Dr. Ir. Mas Yedi Sumaryadi, M.S., IPU, ASEAN. Eng, Selasa (31/10/2023 ). Acara pengukuhan berlangsung di Gedung Graha Widyatama Prof.Rubijanto Misman Unsoed.

Mereka yang dikukuhkan itu, terdiri Prof. Dr. Nuraeni Ekowati, M.S., sebagai Profesor dalam Bidang Ilmu Mikologi pada Fakultas Biologi; Prof. Dr. Untung Susilo, M.S., sebagai Profesor dalam Bidang Ilmu Fisiologi Nutrisi, pada Fakultas Biologi; Prof. Dr. Ir. Gito Sugiyanto, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng., sebagai Profesor dalam Bidang Ilmu Teknik Sipil Sistem Transportasi, pada Fakultas Teknik.

Kemudian Prof. Dr. Sri Lestari, S.E., M.Si., sebagai Profesor dalam Bidang Ilmu Manajemen Keuangan, pada Fakultas Ekonomi & Bisnis dan Prof. Dr.E. Suharno, S.E., M.Si., sebagai Profesor dalam Bidang Ilmu Ekonomi Pembangunan, pada Fakultas Ekonomi & Bisnis.

Rektor Unsoed Prof.Dr.Ir Akhmad Sodiq M.Sc., Agr., IPU dalam sambutannya menyampaikan, kepercayaan yang diberikan oleh negara dan pemerintah kepada lima profesor baru untuk memangku jabatan akademik tertinggi seorang dosen adalah sebuah kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi Unsoed.

Lebih lanjut rektor mengatakan, pemikiran Prof. Nuraeni Ekowati memberikan perspektif yang komprehensif akan potensi peran dan kontribusi mikologi dalam meningkatkan kualitas kesehatan.

Pandangan Prof. Untung Susilo tentang fisiologi nutrisi, memantik ide dan gagasan untuk mengeksplorasi potensi konsumsi yang tidak hanya bernutrisi melainkan juga memiliki nilai keekonomian.

Gagasan Prof. Gito Sugiyanto tentang peran system transportasi, menegaskan keberpihakan teknologi sebagai sarana penghubung antarwilayah yang memiliki nilai strategis.

Adapun pemikiran Prof. Sri Lestari tentang manajamen keuangan, memberikan kesadaran akan pentingnya aspek keamanan teknologi informasi dalam penggunaan aplikasi keuangan berbasis digital.

Kemudian perspektif Prof. E Suharno tentang pola dan makna pembangunan ekonomi, memberikan pemahaman yang komprehensif secara teoeretis konseptual, dan menjadi pijakan dalam pengembangan keilmuan kedepannya.

‚ÄúDengan pengukuhan 5 profesor baru ini, sekarang Unsoed memiliki 133 profesor, dan akan terus bertanmbah dari waktu ke waktu,” ujar Rektor Akhmad Sodiq.

Atas pengukuhan 5 profesor baru itu, maka Prof. Untung Susilo dan Prof. Nuraeni Ekowati menjadi guru besar ke-27 dan ke-28 di Fakultas Biologi.

Kemudian Prof. Gito Sugiyanto menjadi guru besar ke-4 di Fakultas Teknik. Dan Prof. Suharno serta Prof. Sri Lestari sebagai guru besar ke-18 dan ke-19 pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis. (Prasetiyo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.