Ramadan Berbagi, Warnai Kegiatan Ramadan di SDN 1 Kembangan

by -34 Views

PURBALINGGA, EDUKATOR–Menyambut bulan suci Ramadan, SD Negeri 1 Kembangan, Kecamatan Bukateja, Purbalingga menggelar berbagai kegiatan sosial dan keagaaman.

Diwali kegiatan Ramadan berbagi dan buka puasa bersama, Sabtu (23/3/2024) mulai jam 15.30 hingga 18.30, dipusatkan di Masjid Al Istinganah Desa Kembangan. Dalam Ramadan berbagi ini, SDN 1 Kembangan memberikan bantuan sejumlah uang kepada siswa-siswa anak yatim dan yang tidak mampu untuk bisa merasakan indahnya berpuasa di tahun ini.

“Pada kesepatan itu, juga digelar buka bersama, yang melibatkan kerja sama antara SDN 1 Kembangan dengan paguyuban orang tua /wali SD Negeri 1 Kembangan. Kegiatan buka bersama ini dihadiri siswa, guru dan karyawan , wali murid , komite dan tokoh agama di Desa Kembangan,” ujar Kepala SDN 1 Kembangan Pariyem S.Pd SD M.Pd kepada EDUKATOR di sela-sela kegiatan itu.

Kegiatan lainnya, yakni pembagian zakat fitrah, Selasa-Rabu (2-3/4/2024). Kemudian pada Jumat (5/4/2024) pada Jumat Religi diisi khatam membaca Al’quran oleh guru dan siswa SD Negeri 1 Kembangan. Dalam hal ini, untuk satu juz di baca oleh satu guru dan untuk siswa satu jus dibaca oleh 3 siswa, sehingga Al’Quran yang terisi 30 jus dibagi untuk semua guru dan siswa . Kegiatan ini ini dimulai jam 07.30 WIB ini selesai pada jam 10.30 WIB, sehingga dalam satu waktu bisa menghatamkan Al’Quran.

“Kegiatan ini memberikan pembelajaran bahwa jika tugas berat dilaksankan bersama-sama akan terasa ringan dan bernilai ibadah. Sehingga nantinya siswa akan terbiasa melaksanakannya di rumah dan lingkungan sekitar. Kegiatan ini juga sebagai kegiatan menumbuhkan dan menguatkan literasi di sekolah sehingga siswa akan terbiasa melaksanakan lierasi sebagai hal yang bernilai ibadah,” ujar Pariyem.

Ditambahkan, kegiatan terakhir berziarah dan mendoakan arwah para sesepuh , alim ulama dan guru SD Negeri 1 Kembangan yang telah wafat. Siswa didampingi guru mendatangi pasarehan yang ada di wilayah Desa Kembangan. Dengan pembelajaran ini , mendidik siswa-siswa SD Negeri 1 Kembangan menjadi anak yang saleh dan salihah, dengan terus mendoakan kepada orang tua terutama ayah dan ibu serta saudara yang telah meninggal. (*/prs)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.