SMP Negeri 5 Satu Atap Rembang Selenggarakan Pelatihan Menulis Cerpen

by -816 Views
Pelatihan menulis Cerpen di SMPN 5 Satap Rembang, dengan pemateri Kepala SMPN 2 Pengadegan Fitriani Tri Rahayu, S.Pd,

PURBALINGGA, EDUKATOR–Mendukung Gerakan Literasi Sekolah (GLS), siswa, guru dan karyawan SMP Negeri 5 Satu Atap Rembang Purbalingga dilatih menulis Cerita Pendek (Cerpen). Kegiatan pelatihan berlangsung di Masjid Al Farouq sekolah setempat, Sabtu (18/11/2023), menghadirkan nara sumber Kepala SMPN 2 Pengadegan Fitriani Tri Rahayu, S.Pd.Suasana pelatihan menulis cerpen di SMPN 5 Satap Rembang (Humas SMPN 5 Satap Rembang/EDUKATOR)

Setelah semua cerpen terkumpul, akan diterbitkan menjadi buku antologi Cerpen.

Kepala SMP Negeri 5 Satu Atap Rembang, Siti Markhamah, S.Pd mengemukakan, pelatihan penulisan Cerpen merupakan rangkaian dari kegiatan GLS. Sebelumnya, ada pembuatan pojok baca, pojok literasi, dan membuat antologi puisi karya guru dan siswa.

“Kami berharap, seluruh warga SMPN 5 Satap Rembang bisa menulis cerpen. Semua cerpen karya siswa, guru dan karyawan akan diterbitkan menjadi buku antologi Cerpen, dan akan diluncurkan dalam waktu dekat ini,” kata Siti Markhamah.

Kegiatan pelatihan dimulai pukul 08.00 sampai dengan 11.30 WIB. Peserta antusias mengikuti paparan dari nara sumber, Fitriani Tri Rahayu.

Dalam kesempatan tersebut, Fitriani memberikan tips-tips menulis Cerpen yang menarik. Dan peserta pun bertanya jawab dengan nara sumber seputar teknik menulis Cerpen.

Siswa yang aktif bertanya, mendapat hadiah sebuah buku antologi Cerpen dan puisi karya Fitriani Tri Rahayu.

Di akhir pelatihan, sudah 60 siswa yang menuliskan judul dan rencana cerita yang akan dikembangkan menjadi cerpen melalui google form. Kemudian yang tidak membawa HP, menuliskan rencana cerita pada selembar kertas. Umumnya siswa mengambil tema Cerpen yang akan ditulis tentang persahabatan, salah satu tema yang sangat dekat dengan kehidupan anak SMP. (Humas SMPN 5 Satap Rembang/Prasetiyo)