Kantor Kecamatan Kalimanah Gelar Sosialisasi JSNK 45

by -1700 Views
Foto bersama usai acara sosialisasi Jiwa Semangat dan Nilai-Nilai Kejuangan 45 (JSNK 45), di Pendopo Perwira Kecamatan Kalimanah, Selasa (18/10/2022). (Foto: Humas DHR Kalimanah)

PURBALINGGA, EDUKATOR–Untuk mewarisi dan meneruskan nilai-nilai juang 45, Kantor Kecamatan Kalimanah menggelar sosialisasi Jiwa Semangat dan Nilai-Nilai Kejuangan 45 (JSNK 45), di Pendopo Perwira Kecamatan Kalimanah, Selasa (18/10/2022). Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari pengukuhan pengurus 18 Dewan Harian Ranting (DHR) 45 se Kabupaten Purbalingga, Rabu (7/9/2022) lalu di Pendopo Dipokusumo.

Hadir dalam kesempatan itu, Camat Kalimanah Wijayanto S.Sos, Danramil, Kapolsek, Ketua Dewan Harian Cabang (DHC) Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Kabupaten Purbalingga Drs Anas Sumarjo beserta pengurus, dan Ketua Dewan Harian Ranting (DHR) Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Kecamatan Kalimanah Puji Haryono S.Pd.I, M.Pd beserta pengurus.

Suasana pertemuan dalam rangka sosialisasi Jiwa Semangat dan Nilai-Nilai Kejuangan 45 (JSNK 45), di Pendopo Perwira Kecamatan Kalimanah, Selasa (18/10/2022).(Foto: Humas DHR Kalimanah)

Camat Kalimanah Wijayanto, S.Sos mengapresiasi kiprah para anggota DHC dan DHR Badan Pembudayaan Kejuangan 45 untuk melestarikan Pancasila.

“Bersyukur kita bisa masuk di organisasi ini untuk melestarikan Pancasila. Sehingga dapat menginformasikan dan merawat nilai nilai Pancasila agar generasi muda tahu perjuangan para pahlawan. Perlu juga semangat untuk terus menerus membentengi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujar Camat Wijayanto.

Ketua DHC Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Kabupaten Purbalingga Drs Anas Sumarjo mengajak kepada anggota DHC, DHR 45 maupun masyarakat harus bisa memberi contoh yang baik, sesuai peran masing-masing dalam menegakkan nilai-nilai juang 45.

“Mari merawat kebhinekaan di masyarakat dan memberi contoh yang baik disesuaikan dengan peran kita masing-masing dalam menegakkan nilai-nilai juang 45. Kita berbeda baju/seragamya dan latar belakang profesinya, namun kita harus kompak dan bersatu dalam menjaga keutuhan NKRI,” ujar Anas Sumarjo.

Ajakan senada juga dikemukan Kapolsek Kalimanah AKP Setiadi, bahwa nilai perjuangan para pahlawan kita jaman dulu, yakni berjuang untuk meraih kemerdekaan, dilandasi tanpa pamrih.

“Sikap tanpa pamrih ini harus kita teladani. Selain itu, mari kita berdisiplin dalam segala hal, peduli sesama dan bertanggungjawab atas tindakan yang kita lakukan,” ajak Kapolsek Setiadi.

Di akhir sosialisasi, muncul wacana diantaranya adanya kegiatan penerusan Buletin Kejuangan 45 dari DHD tingkat propinsi sampai ke desa-desa. Dan pengenalan AD ART Kejuangan 45 pada semua pengurus, serta kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kemenag dalam penyampaian materi karakter bangsa kepada peserta didik di sekolah-sekolah saat upacara bendera.

“Kami juga mengusulkan , pentingnya kegiatan penulisan/sosialisasi Kejuangan 45 di media massa cetak, online maupun elektronik,” ujar Seksi sosialisasi JSN Kejuangan 45 Kecamatan Kalimanah, Ummi Mukaromah, S.Pd, MM. (Prasetiyo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.