Kasatlantas Polres Purbalingga Beri Pembinaan di SMPN 3 Purbalingga

by -697 Views
Kasatlantas Polres Purbalingga AKP Arief Wiranto SIK memberikan hadiah sebuah helm kepada siswa yang menjadi pemimpin upacara. (Foto: Prasetiyo/EDUKATOR)

PURBALINGGA, EDUKATOR–Kasatlantas Polres Purbalingga AKP Arief Wiranto SIK berpesan kepada para siswa SMPN 3 Purbalingga, agar tertib dalam berlalulintas dan selalu hormat pada orang tua dan guru.

“Patuhi rambu-rambu lalu-lintas saat di jalan raya. Dan karena aturan memang belum memperbolehkan anak usia SMP atau belum 17 tahun menggunakan sepeda motor di jalan raya, ya patuhi itu,” pesan Kasatlantas Arief Wiranto ketika tampil sebagai pembina upacara di SMPN 3 Purbalingga, Senin (20/11/2023).Upacara bendera di SMPN 3 Purbalingga, Senin (20/11/2023), dengan pembina upacara Kasatlantas Polres Purbalingga AKP Arief Wiranto, SIK.

Peserta upacara, terdiri para siswa Kelas 7, 8 dan 9, serta kepala sekolah dan jajaran dewan guru maupun karyawan.Kepala SMPN 3 Purbalingga Subarno, S.Pd dan Kasatlantas Polres Purbalingga AKP Arief Wiranto mengapit dua siswa berprestasi tingkat nasional.

Menurut Kasatlantas, mematuhi peraturan lalu lintas menjadi aspek keselamatan yang diwajibkan kepolisian agar pengendara selamat sampai di tujuan. “Pelanggaran atas rambu lalu lintas di jalan raya bisa berdampak buruk, baik bagi pengemudi, penumpang, maupun pengendara dan pejalan kaki lainnya,” ujar Arief yang belum ada sebulan menjabat sebagai Kasatlantas Polres Purbalingga. Sebelumnya, Arief Wiranto berdinas sebagai Perwira Menengah (Pama) di Polda Jateng.

Kasatlantas Arief Wiranto berpesan kepada para siswa agar memperhatikan dengan cermat rambu rambu lalu lintas saat di jalan raya. “Kalian harus tahu dan paham fungsi rambu-rambu lalu lintas. Lakukan dan taati peringatan, larangan, serta petunjuk dalam rambu agar terhindar dari kecelakaan. Dan pesan saya, jika membonceng sepeda motor saat diantar ke sekolah, tetap mengenakan helm,demi keselamatan,” pesan Kasatlantas.

Kasatlantas juga berpesan kepada para siswa, untuk selalu hormat kepada orang tua di rumah dan guru sebagai orang tua di sekolah. “Perlu diingat, kesuksesan kalian nanti tidak lepas dari peran orang tua dan guru,” ujar Kasatlantas.Foto bersama Polwan Briptu Titis

Hiburan

Setelah upacara, para siswa dihibur oleh Bripka Teguh Riyanto. Dengan gayanya yang kocak, Teguh mengajak para siswa untuk taat aturan lalu-lintas dan menjauhi bullying atau perundungan.

Ikut memberikan hiburan pula, penampilan yel-yel dari lima siswa Sekolah Polisi Negara (SPN) Purwokerto yang sedang praktik di Polres Purbalingga.

Kepala SMPN 3 Purbalingga, Subarno, S.Pd menyambut baik pembinaan yang dilakukan Satlantas Polres Purbalingga. “Ini upaya membangun karakter, agar siswa tertib berlalu-lintas dan selalu hormat kepada orang tua dan guru. Kegiatan seperti ini rutin kami lakukan, sebagai bentuk kerjasama antara SMPN 3 Purbalingga dengan Polres Purbalingga,” ujar Subarno. (Humas SMPN 3 Purbalingga/Prasetiyo)