3000 Perempuan Ikuti “Parade Purbalingga Berkebaya”

by -491 Views
Parade Purbalingag Berkebaya, salah satu rangkaian peringatan Hari Jadi ke 193 Kabupaten Purbalinga

PURBALINGGA, EDUKATOR–Mengenakan kebaya dan berjalan kaki sekitar 3 kilo meter, kurang lebih 3000 perempuan mengikuti “Parade Purbalingga Berkebaya”, Sabtu (23/12/2023) sore. Kegiatan yang berlangsung meriah ini, start dimulai dari Taman Usman Janatin hingga finish di alun-alun Purbalingga. Ribuan penonton tumpah ruah menyaksikan para perempuan yang tampil cantik dan anggun dengan busana tradisional itu.Bupati Tiwi bersama peserta Parade Purbalingga Berkebaya.

Parade kebaya ini merupakan bagian dari rangkaian Hari Jadi ke 193 Kabupaten Purbalingga.

Bupati Purbalinga Dyah Hayuning Pratiwi mengemukakan, perempuan Purbalingga wajib bangga atas pakaian tradisional Indonesia yaitu kebaya. Untuk itu, perlu terus dilestarikan.Peserta dari SMPN 3 Purbalingga, yang tampil anggun dan cantik.

“Melalui momentum ini, saya berharap para perempuan di Purbalingga selalu besemangat untuk berkontribusi dalam membangun Purbalingga,” harap Bupati Tiwi.Peserta dari SMPN 3 Purbalingga, yang tampil anggun dan cantik.

Ikut memeriahkan gelaran itu, penampilan paduan suara Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Purbalingga, seni tari oleh IGTKI, fashion show “Gadis Kretek”, dan penampilan kebaya Janggan oleh Asosiasi Fashion Designer Purbalingga (AFDEGA).Fashion show “Gadis Kretek”,

“Kami menampilkan kebaya Janggan dengan sedikit modifikasi agar bisa dipakai oleh generasi yang sepuh (lansia) sampai dengan para generasi muda. Terima kasih Ibu Bupati Purbalingga atas dukungan yang diberikan sehingga kami bisa dikenal masyarakat Purbalingga,” Ujar ketua AFDEGA, Koko Tio saat ditemui usai parade.

Dalam kesempatan berbeda, seorang peserta yang menjadi juara pada gelaran Parade Purbalingga Berkebaya, Anggar mengaku senang.

“Kami dari kantor cabang BRI Purbalingga, berterima kasih atas apresiasi yang telah diberikan Pemkab, khususnya Bupati Purbalingga. Prestasi ini memacu kami agar bisa terus berkreasi. Semoga para perempuan di Kabupaten Purbalingga bisa selalu berdaya di masyarakat,” ujarnya. (Prasetiyo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.