Guru SMPN 2 Kertanegara Raih Juara Tiga Lomba Reportase HUT ke 24 DWP

by -2329 Views
Yuniarni Ayu Wahyuni, S.Pd (kanan) saat mewawancarai Kepala SMPN 2 Kertanegara Nur Solisoh, S.Pd (Foto: Dok Pribadi/EDUKATOR)

PURBALINGGA, EDUKATORYuniarni Ayu Wahyuni S.Pd, guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 2 Kertanegara, Purbalingga keluar sebagai juara tiga pada Lomba Reportase Darma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Purbalingga. Lomba yang diikuti 102 peserta ini, pada babak final, Kamis (9/11/2023) tampil 10 besar, di Aula Jenderal Sudirman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga.Ketua DWP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga, Ny Siti Dwi Haryati Tri Gunawan saat memberikan penghargaan kepada Yuniarni Ayu Wahyuni (Foto: dok pribadi/EDUKATOR)

Dari 10 besar itu, Yuniarni Ayu Wahyuni keluar sebagai juara tiga, sedangkan juara satu diraih dari SMPN 1 Bobotsari dan juara 2 dari SMP Negeri 1 Karangmoncol.

Pada lomba yang digelar dalam rangka HUT ke 24 DWP ini, Yuniarni membawakan reportase selama 2 menit 49 detik, dengan judul Reportase Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Suara Demokrasi.

“Reportase yang kami angkat, tentang pengenalan demokrasi melalui kegiatan Pemilihan Ketua OSIS di SMPN 2 Kertanegara,” ujarnya.Peserta babak final dan dewan juri lomba reportase foto bersama (Foto: Dok Pribadi/ EDUKATOR)

Yuniarni menjelaskan, untuk mengikuti lomba reportase ini, dirinya mempersiapkan dengan matang. Yakni koordinasi dan curah pendapat dengan narasumber, memilih tema yang menarik dan berdampak baik untuk semua, latihan di hadapan teman dengan saling memberi masukan, menyusun pertanyaan dengan memperhatikan durasi waktu yang ditentukan, dan menjaga kualitas suara.

Berkat persiapan yang matang itu, dewan juru yang terdiri dua reporter senior RRI Purwokerto Ustad Mukorobin dan Supriyanto Suparjo, dan korespondens CNN Indonesia Robie Sofyan A, menetapkan Yuniarni sebagai juara tiga.

Yuniarni mengatakan, melalui kegiatan lomba Reportase ini, dirinya jadi paham dunia jurnalistik maupun kepenyiaran. “Saya jadi paham cara-cara memproduksi berita hingga menyiarkannya melalui berbagai media, seperti radio, media cetak, media online maupun TV,” katanya.

Kepala SMP Negeri 2 Kertanegara, Nur Solisoh, S. Pd mengemukakan, pihaknya bangga atas prestasi yang diraih Yuniarni, karena bisa mengangkat nama baik SMPN 2 Kertanegara. “Kepada Bu Yuni saya ucapkan selamat dan sukses. Teruslah mengasah keterampilannya, agar bisa mempublikasikan SMPN 2 Kertanegara ke berbagai media,” ujar Nur Solisoh. (Humas SMPN 2 Kertanegara/Prasetiyo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.