Tertarik Sekolah Berbasis Budaya, SMPN 2 Dempet Kunjungi SMPN 1 Keling

by -832 Views

JEPARA, EDUKATOR--Pendopo Puruhita SMP Negeri 1 Keling, Kabupaten Jepara yang pada hari Minggu biasanya sepi karena hari libur, namun Minggu (28/7/2024) sontak ramai. Pasalnya, pada hari itu, kedatangan rombongan “Anjangsana dan Berbagi Ilmu” Pengurus OSIS SMPN 2 Dempet, Kabupaten Demak ke SMPN 1 Keling.

Kedatangan rombongan yang berjumlah 40 orang itu, 6 diantaranya guru pendamping dari SMPN 2 Dempet, untuk mengetahui keunggulan SMPN 1 Keling sebagai sekolah berbasis budaya.

Seperti diketahui, SMPN 1 Keling belakangan sering menampilkan atraksi budaya Jawa, diantaranya pentas wayang kulit dalam rangka sedekah bumi di Desa Klepu, Kecamatan Keling, Minggu malam (26/5/2024).

Sebelumnya, juga pentas wayang kulit di Desa Jlegong, Kecamatan Keling, Sabtu malam (2/3/2024). Dan pentas wayang kulit pakeliran padat di Desa Gelang, Kecamatan Keling, Senin malam (8/1/2024).

Semua pementasan itu, dimainkan oleh para siswa. Dalam hal ini, ada siswa yang memang piawai sebagai dalang, nyinden dan niaga atau penabuh gamelan. Mereka tergabung dalam Sanggar Wayang Puruhita Budaya.

“Terinspirasi dari pentas -pentas itu yang marak di media sosial dan pemberitaan di media massa, maka kami anjangsana ke SMPN 1 Keling. Kami sengaja datang mendadak, agar tidak merepotkan tuan rumah,” ujar Waka Kesiswaan SMPN 2 Dempet, Sumarno selaku ketua rombongan.

Ikut dalam rombongan dari SMPN 2 Dempet, Ismi Shofiatun selaku pembina Pramuka, dan Chifil Amriyah, guru Bimbingan dan Konseling.

Dalam anjangsana itu, suasana akrab dan kekeluargaan tampak terasa. Baik guru maupun pengurus OSIS dari kedua sekolah itu, saling bertukar pengalaman, untuk kemajuan masing-masing sekolah.

Disuguhi Tarian dan Pakeliran Singkat

Saat berada di SMPN 1 Keling, rombongan SMPN 2 Dempet disuguhi hiburan, diantaranya Tari Gambyong, dan Pakeliran singkat oleh dhalang Dimas Arisandi, siswa Kelas 9F yang diiringi secara langsung grup karawitan Puruhitararas SMPN 1 Keling.

Rahma Trisni Larasati, mewakili pengurus OSIS SMP N 1 Keling merasa tersanjung atas kunjungan kawan-kawan dari Pengurus OSIS SMP N 2 Dempet dan berharap kedepannya mendapat kesempatan balik untuk bermain ke SMP 2 Dempet.

Ketua Osis SMP 2 Dempet, Zanuba Izatul Umi mengatakan, apa yang ada di SMPN 1 Keling dan belum ada di SMPN 2 Dempet, akan coba diwujudkan. “Yang jelas, kami mengapresiasi SMPN 1 Keling sebagai sekolah berbasis budaya, yang teguh nguri-uri budaya Jawa,” ujarnya.

Seusai kunjungan ke SMPN 1 Keling, rombongan SMPN 2 Dempet mengadakan wisata ke Pantai Bondo, Bangsri, Jepara.

Sementara itu Plt Kepala SMPN 1 Keling Pahlurronji, S.Pd., M.Pd yang diwakili Waka Kurikulum Hery Yulianto S.Pd merasa senang dikunjungi guru dan pengurus OSIS SMPN 2 Dempet.

“Kami senang bisa bertukar kawruh, untuk kemajuan masing-masing sekolah,” ujar Hery Yulianto yang didampingi Koordinator Kebudayaan SMPN 1 Keling, Drs Arif Mujiono . (Prasetiyo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.