Didit Suhartomo, M.Kom:Perlindungan Data Pribadi di Dunia Cyber Itu Penting

by -847 Views

PURWKERTO, EDUKATOR–Dosen Program studi Informatika Universitas AMIKOM Purwokerto Didit Suhartomo, M.Kom menandaskan, perlindungan data pribadi di dunia cyber itu penting.

“Untuk itu, masyarakat perlu mencegah dengan menguasai Informasi dan Teknologi (IT), agar tidak terjadi pencurian maupun kebocoran data pribadi,” ujar Didit Suhartomo saat membawakan webinar melalui zoom meeting pada kegiatan pengabdian masyarakat Universitas Amikom. Kegiatan berlangsung Jumat (11/8/2023) lalu, dibantu tim mahasiswa.

Webinar ini diikuti 13 siswa yang tergabung dalam IT Club SMK Negeri 1 Wanayasa, Banjarnegara.

Dalam kesempatan itu, Didit Suhartomo menyampaikan materi seputar definisi umum data pribadi, privacy dan security hingga hukum yang mengatur tentang pengelolaan data pribadi khususnya di Indonesia. Selain itu, Didit Suhartomo juga melakukan demo sederhana bagaimana data pribadi pengguna dapat dicuri ataupun bocor.

“Kami juga mendemonstrasikan cara pencegahan maupun penanggulangannya, agar data pribadi di dunia cyber tidak bisa dicuri atau bocor,” ujarnya.

Atas penyelenggaraan webinar itu, para peserta terlihat antusias, ditandai banyaknya pertanyaan terkait penanggulangan apabila data pribadi telah bocor maupun disalahgunakan dikemudian hari. (Prasetiyo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.