Doktor Enha, Salah Satu Pionir dan Pelaku Sejarah Internet Indonesia

by -1235 Views
Dr H Ir Nurul Hidayat, S.Pt , M.Kom

PURWOKERTO, EDUKATOR–Menyebut sejarah internet di Indonesia, tidak bisa dilepaskan dengan sosok Dr H Ir Nurul Hidayat, S.Pt, M.Kom, dosen Jurusan Informatika Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed). Pria humoris yang kini menjabat Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FT Unsoed ini, adalah salah satu pionir dan pelaku sejarah Internet Indonesia.

Kepakaran Doktor Enha–demikian lelaki asal Klaten ini biasa dipanggil–tidak diragukan lagi. Beliau diakui oleh Onno Widodo Purbo atau Onno W Purbo, seorang pakar Teknologi Informasi yang juga profesor di ITB. Dalam tulisan yang dipublish onno center pada link https://lms.onnocenter.or.id/wiki/index.php/Pelaku_Sejarah_Internet_Indonesia, Nurul Hidayat adalah salah satu dari 39 tokoh di Indonesia, yang memainkan peran penting dalam pengembangan Internet a melalui Jaringan Informasi Indonesia (JII) dan Jaringan Informasi Sekolah (JIS).

Kedua jaringan itu merupakan infrastruktur kunci dalam menyediakan akses Internet dan layanan berbasis Internet di berbagai sektor di Indonesia.

JII adalah salah satu proyek yang didukung oleh pemerintah Indonesia untuk membangun infrastruktur jaringan data nasional yang kuat. Ini mencakup penyediaan konektivitas Internet yang lebih baik di seluruh Indonesia.

“Kami bersama tim, berperan aktif dalam pengembangan dan pengelolaan JII ini, yang berkontribusi pada pertumbuhan Internet di negara ini,” ujar Doktor Enha dalam perbincangan dengan EDUKATOR di Fakultas Teknik Unsoed, Rabu (20/9/2023).

Sedangkan kaitannya dengan JIS, Nurul Hidayat adalah salah satu inisiator yang berperan penting atas terbentuknya lembaga ini. JIS bertujuan menghubungkan sekolah-sekolah di Indonesia ke Internet.

“Melalui JIS, akses internet antar sekolah di seluruh Indonesia kini terwujud. Ini sangat membantu meningkatkan pendidikan dan akses informasi bagi siswa di Indonesia,” katanya.

Ke depannya, melalui JII dan JIS, Nurul Hidayat bertekad kuat akan terus berkontribusi untuk memajukan pendidikan di Indonesia dalam menghadapi era digital dan teknologi informasi yang kian canggih. (Prasetiyo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.