Dukung UMKM, Jurusan Komunikasi Unsoed Adakan Pelatihan Gratis Foto Produk

by -42 Views
Peserat pelatihan sedang memotret salah satu produk UMKM

PURWOKERTO, EDUKATOR--Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Unsoed menggelar pelatihan foto produk bagi para pegiat UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) secara gratis, Rabu (3/7).Dosen Fotografi Jurkom FISIP Unsoed Tri Nugroho Adi, M.Si saat mengajarkan teknik memotret produk UMKM kepada peserta pelatihan. (Dok Humas Unsoed)

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dengan Pokja II PKK Kecamatan Purwokerto Utara, dan diikuti 30 pelaku UMKM dari beberapa kelurahan di wilayah Purwokerto Utara. Tempat pelatihan di gedung Laboratorium Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed

“Satu tantangan besar bagi UMKM adalah pemasaran, terutama di era digital saat ini. Produk UMKM harus tampil memikat dalam berbagai media. Itulah kenapa keterampilan foto produk menjadi penting,” Kata Ketua Tim PKM, Itsna Hidatul Khusna, S.I.Kom, MA dalam rilis yang diterima EDUKATOR, Kamis (4/7/2024).

Dosen Fotografi Tri Nugroho Adi, M.Si., yang bertindak sebagai trainer, mengajarkan beberapa tips dan trik praktis memotret produk UMKM secara sederhana.

“Cukup dengan smartphone, kita bisa hasilkan foto produk yang menarik. Kuncinya pada pengaturan cahaya dan komposisi,” jelas Tri Nugroho Adi.

Dalam kesempatan tersebut, Tim PKM Jurusan Ilmu Komunikasi juga menyerahkan bantuan dua buah peralatan foto produk kepada Tim Penggerak PKK Kecamatan Purwokerto Utara.

Public Speaking
Pelatihan foto produk ini merupakan rangkaian dari program pengabdian kepada masyarakat Jurusan Ilmu Komunikasi. Sebelumnya, di bulan Juni, tim juga mengadakan pelatihan public speaking bagai para pengurus PKK di Kelurahan Purwanegara, Kecamatan Purwokerto Utara. Dua trainer dari FISIP Unsoed, yakni Dian Bestari Santi Rahayu, M.I.Kom dan Titis Perdani, M.Sos, mengajarkan teknik menjadi MC dan pidato sambutan secara praktis.

“Di akhir Juli nanti, kita juga akan adakan pelatihan pengelolaan media sosial bagi para pengurus PKK. Kita tahu, PKK ini kegiatannya lumayan banyak, tapi sejauh ini belum terpublikasikan dengan baik. Karena itu, mereka harus bisa mengoptimalkan penggunaan media sosial,” kata Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP Unsoed Dr. Edi Santoso, M.Si. (*/prasetiyo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.