“Gen Asyik Spendabet” dan “Creative Teacher”, Terobosan Baru SMPN 2 Mrebet

by -1358 Views

PURBALINGGA, EDUKATOR–Untuk menunjang proses pembelajaran berbasis Online, SMP Negeri 2 Mrebet, Purbalingga membuat terobosan baru. Yakni melibatkan guru penggerak dan
guru pengampu mata pelajaran Informatika, membuat komunitas belajar “Gen Asyik Spendabet”. Juga dibuat komunitas praktisi dengan nama “Creative Teachers” sebagai wadah untuk saling berbagi pengalaman dan praktik baik para guru di sekolah.

Teguh Priyanto selaku guru penggerak di SMP Negeri 2 Mrebet mengemukakan, komunitas ini bertujuan untuk memberi pengetahuan dan sosialisasi kepada peserta didik mengenai dunia digital dan pemanfaatannya dalam pembelajaran. “Komunitas ini relevan dengan Kurikulum merdeka, yang didalamnya ada mata pelajaran informatika, sehingga bisa dijadikan tindak lanjut pembelajaran informatika,” ujar Teguh Priyanto.

Sejak dilauncing pada tanggal 2 oktober 2023 lalu, Teguh mengemukakan, terhitung sudah empat kali pertemuan via googlemeet, dan untuk pertemuan dilaksanakan setiap Senin malam pukul 19.00 WIB. Dalam setiap kali pertemuan para anggota komunitas diberi berbagai materi baru tentang pemanfaatan teknologi di bidang pendidikan. Tak hanya itu, dalam setiap pertemuan, para anggota dilatih hingga memiliki kemampuan yang konkret, sehingga kegiatan tersebut juga dibisa katakan sebagai aksi nyata dalam bidang pemanfaatan teknologi.

Dalam komunitas ini, lanjut Teguh Priyanto, baik guru maupun peserta didik dapat memperoleh berbagai manfaat di bidang teknologi, seperti memahami kegunaan e-mail belajar (akun belajar.id) secara maksimal, memahami tentang pembuatan canva, Goggle Workspace for Education Fundamental, memahami pembuatan konten, dan berbagai aplikasi Teknologi Informasi terbaru lainnya.

Cecilia, salah satu peserta didik SMPN 2 Mrebet mengaku senang bisa bergabung dengan komunitas Gen Asik Spendabet. “Saya jadi bisa memanfaatkan e-mail belajar secara maksimal, membuat berbagai desain dengan Canva melalui gawai, memanfaatkan layanan google dokumen untuk belajar, dan berbagai aplikasi teknologi lainnya,” ujar Cecilia.

Warga Luar

Selain diikuti oleh warga SMP Negeri 2 Mrebet, kegiatan Gen Asik juga diikuti peserta dari sekolah lain, diantaranya Bekti, guru SDN 2 Cipaku. Bekti menyatakan sangat tertarik bergabung komunitas belajar.id yang digalakan SMPN 2 Mrebet, karena bisa mengetahui dan mengaplikasikan berbagai teknologi terbaru untuk menunjang proses pembelajaran.

“Terinspirasi dari komunitas ini, saya ingin membuat komunitas seperti ini di SDN 2 Cipaku, ” ujarnya.

Kepala SMPN 2 Mrebet Sugeng Triatmono SE M.Pd mengapresiasi terobosan ini, karena sangat relevan dengan kondisi saat ini dimana perkembangan teknologi sangat pesat dan sudah dimanfaatkan untuk berbagai sektor.

Dengan adanya komunitas tersebut, sugeng berharap dapat memfasilitasi warga sekolah agar tidak gagap teknologi dan memanfaatkan berbagai layanan teknologi dalam pembelajaran.

“Selain itu, kami juga berharap seluruh warga sekolah dapat meningkatkan potensi, kreativitas, dan produktifitas yang merupakan suatu perwujudan dari nilai-nilai kewirausahaan yang tengah kami kembangkan,” harap Sugeng Triatmono. (Humas SMPN 2 Mrebet/Prasetiyo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.