LPTSI dan LP3M Unsoed Gelar FGD

by -24 Views
Rektor Unsoed Prof. Dr. Ir. Akhmad Sodiq, M.Sc., Agr., IPU ASEAN Eng (tengah) saat membuka FGD di LP3M Unsoed, Rabu (10/7/2024). (Foto: Humas Unsoed/EDUKATOR)

PURWOKERTO, EDUKATOR–Pusat Edukasi, Regulasi, dan Multimedia – Lembaga Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (LPTSI) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Rabu (10/7/2024) menggelar Focus Group Discussion (FGD). Kegiatan yang mengusung tema “Standarisasi Website Subdomain dan Pengelolaan Webometrics” ini berlangsung secara hybrid, dipusatkan di Gedung Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unsoed.

Peserta FGD dari unsur pimpinan dan staf LP3M dan LPTSI Unsoed. Hadir sebagai narasumber Direktur Direktorat Teknlologi Informasi Universitas Gadjah Mada
Prof. Dr. Ir. Ridi Ferdiana, S.T., M.T., IPM. Dan FGD berlangsung hangat, diwarnai diskusi para peserta yang hadir secara luring maupun daring.

Saat membuka FGD, Rektor Unsoed Prof. Dr. Ir. Akhmad Sodiq, M.Sc., Agr., IPU ASEAN Eng. menekankan pentingnya standarisasi konten untuk meningkatkan ranking webometrics dan reputasi lembaga di era digital.

“Kami berharap, setelah kegiatan ini, lahir kebijakan terkait standarisasi website dan pengelolaan webometrics di Unsoed,” harap Rektor Akhmad Sodiq.

Dalam kesmepatan tersebut, Prof Ridi dalam pemaparannya menyatakan bahwa kebijakan pertama yang harus dilakukan dalam standarisasi website dan pengelolaan webometrics adalah perlunya standarisasi subdomain. Kedua, menyusun standarisasi konten untuk menghilangkan keberagaman konten. Ketiga, perlunya kolaborasi bersama mitra, secara sederhana ketika berkunjung ke universitas lain dan dimuat beritanya dalam website.

“Ketiga kebijakan ini apabila dilakukan akan berdampak pada meningkatnya university ranking. Sedangkan untuk meningkatkan webometrics, ada empat kunci yang harus dilakukan yaitu volume, visibility, velocity, dan veracity”, ujarnya. (Prasetiyo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.