Media “PADI” Tingkatkan Pemahaman Belajar Diagram Batang

by -20 Views

Oleh: Nina Sugiarti, S.Pd

Guru SD Negeri 3 Karangklesem

Kecamatan Purwokerto Selatan

Kabupaten banyumas

            PENGGUNAAN metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif menjadi kunci utama dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, terutama dalam pembelajaran Matematika. Salah satu cara efektif adalah dengan memanfaatkan media pembelajaran yang dapat memberikan visualisasi yang jelas dan interaktif. Artikel iniDalam hal ini, penulis  memanfaatkan media “PADI” (Papan Diagram) dalam meningkatkan pemahaman belajar diagram batang, khususnya dalam pembelajaran Matematika di Kelas IV SDN 3 Karangklesem, Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas.

            Media pembelajaran adalah segala bentuk alat atau materi yang digunakan untuk menyampaikan informasi, konsep, atau keterampilan kepada peserta didik. Penggunaan media pembelajaran dapat membantu memperjelas konsep, meningkatkan daya serap siswa, dan memperkaya proses belajar mengajar.(Gunanto, 2021).

            Sedangkan papan diagram adalah salah satu jenis media pembelajaran yang digunakan untuk memvisualisasikan informasi dalam bentuk grafik atau diagram. Dalam konteks pembelajaran Matematika, papan diagram dapat digunakan untuk mengajarkan berbagai konsep, termasuk diagram batang.(Achma Rozak, 2021).

            Adapun cara menggunakan dan langkah-langkah pembelajaran Matematika dengan Papan Diagram sebagai berikut.

            1. Persiapan Materi

Guru perlu mempersiapkan materi yang akan diajarkan menggunakan papan diagram, seperti konsep diagram batang, data yang akan diolah, dan tujuan pembelajaran.

            2. Pengenalan Papan Diagram

Guru memperkenalkan papan diagram kepada siswa dan menjelaskan fungsi serta komponennya. Siswa diajak untuk memahami bagaimana menggunakan papan diagram sebagai alat visual.

            3. Demonstrasi Penggunaan

Guru melakukan demonstrasi penggunaan papan diagram dengan contoh sederhana. Siswa diarahkan untuk mengikuti langkah-langkah penggunaan papan diagram secara aktif.

            4. Keterlibatan Siswa

Siswa diberikan kesempatan untuk mencoba menggunakan papan diagram sendiri. Guru memberikan panduan dan bimbingan saat siswa mulai mempraktikkan keterampilan mereka.

            5. Aplikasi pada Materi Diagram Batang

Guru mengintegrasikan penggunaan papan diagram dalam pembelajaran diagram batang. Siswa diminta untuk membuat diagram batang menggunakan papan diagram sebagai alat bantu.

            6. Diskusi dan Refleksi

Guru mengadakan diskusi tentang hasil kerja siswa, memberikan umpan balik, dan merangsang refleksi untuk meningkatkan pemahaman konsep.

            Contoh Penggunaan Papan Diagram dalam Pembelajaran Diagram Batang

            Misalnya, guru dapat menggunakan papan diagram untuk mengajarkan siswa bagaimana menyusun data jumlah buah yang terjual setiap hari selama seminggu. Siswa dapat memasukkan data tersebut ke dalam papan diagram untuk menciptakan representasi visual yang jelas.

            Dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media “PADI” (Papan Diagram) dalam pembelajaran Matematika di Kelas IV SDN 3 Karangklesem, Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas, dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep diagram batang.

Dengan langkah-langkah pembelajaran yang terstruktur dan melibatkan siswa secara aktif, diharapkan media ini dapat memberikan kontribusi positif dalam proses belajar mengajar, menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menarik dan efektif.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.