Meriah, Gelar Karya P5 SMAN 1 Purbalinga

by -657 Views

PURBALINGGA, EDUKATOR–Gelar karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P-5) di Aula SMA Negeri 1 Purbalingga, selama sehari, Kamis (30/11/2023) berlangsung meriah. Kegiatan ini melibatkan kelas X dan Kelas XI.Dalam gelar karya itu, ditampilkan pameran produk dan hasil karya siswa, pentas seni dan fashion vaganza. Khusus fashion vaganza, baju yang dikenakan para siswa yang tampil terbuat dari sampah plastik, kertas dan daun.Pengawas SMA Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX Provinsi Jawa-Tengah Khaerul Anwar, S.Pd (kiri) bersama Kepala SMAN 1 Purbalingga Joko Mulyanto, S.Pd, M.Pd

Pada gelar karya itu, untuk kelas X, mengusung tema Rekayasa Teknologi, dengan sub tema “Ganesha Green Techonoly”. Sedangkan kelas XI mengusung tema Gaya Hidup Berkelanjutan, dengan sub tema Ganesha Peduli Bumi”.

Kepala SMAN 1 Purbalingga Joko Mulyanto, S.Pd, M.Pd mengapresiasi kreativitas para siswa. “Apalagi ada fashion vaganza yang memanfaatkan limbah sampah plastik, kertas dan daun. Kami salut atas kreativitas dan inovasi para siswa SMAN 1 Purbalingga ini,” ujar Joko Mulyanto saat membuka gelar karya.

Gelar karya ini merupakan puncak kegiatan P-5. Sebelumnya, selma dua minggu, para siswa diberi tugas untuk berkreasi menghasilkan produk dan karya seni untuk ditampilkan.

Sementara itu setelah acara dibuka oleh Kepala SMAN 1 Purbalingga, dianjut Fashion Vaganza. Para calon duta Adiwiyata berjalan dari lobi SMA 1 Negeri Purbalingga menuju ke aula dengan memamerkan gaun yang telah dibuat. Penampilan para calon duta Adiwiyata yang menarik itu, menggundang decak kagum para siswa, jajaran dewan guru serta karyawan.

Ikut menyaksikan pula dalam kesempatan itu, Pengawas SMA Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX Provinsi Jawa-Tengah Khaerul Anwar, S.Pd.

Keren

Memasuki aula, di dalamnya ada banyak stand yang menampilkan barang-barang atau produk karya siswa. Sedangkan di luar aula, terdapat stand kelas 11 yang mendisplay produk dari kelompok healthy food, toga, diet plastik, dan ecobrick.

Salah seorang siswa Kelas XI, Panggih Gesang Athallah yang diminta komentarnya atas kegiatan ini, menyatakan sangat menarik.

“Wow..seru, keren, variatif dan tidak membosankan. Semuanya snagat menarik,” ujar Panggih Gesang Athallah.

Komentar lainnya diungkapkan Aline Felicia. “Kami bersama teman-teman sekelas antusias mengikuti kegiatan ini. Ini luar biasa,” ujarnya.

Aline beserta 6 siswa lainnya menciptakan Aquatic trash boat, sebuah kapal bertenaga panel surya dan aki yang dimodifikasi untuk memungut sampah di perairan. Kapal tersebut dapat dikendalikan hanya dengan bantuan sebuah remote control.

“Pembuatan kapal ini butuh waktu selama 7 hari dengan biaya kurang lebih 2 juta rupiah. Saya harap dengan adanya kegiatan seperti ini, para siswa bisa peduli terhadap isu-isu lingkungan hidup di kehidupan sehari-hari di sekitar kita.” ujarnya.

Acara Gelar Karya P-5 berlangsung hingga jam 15.00 WIB, ditutup dengan menyanyikan lagu “Mars SMA Negeri 1 Purbalingga” dan lagu “Pelajar Pancasila”.(Luna Rizqya Azifa/Arul/Faiq/Rubric Megazine SMAN 1 Purbalingga)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.