Sukses dan Meriah, Gelar Karya P5 di SD Negeri 1 Kalijaran

by -113 Views
Siswi-siswi SDN 1 Kalijaran memamerkan hasil karyanya.

PURBALINGGA, EDUKATOR–Pelaksanaan Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan, Kearifan Lokal, dan Kewirausahaan di SD Negeri 1 Kalijaran Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga, Jumat (21/6/2024) berlangsung sukses dan meriah.

Kegiatan dilaksankanakan di lapangan sekolah setempat, dimulai tepat pukul 07.30 WIB hingga pukul 11.00 WIB, dan diikuti 48 siswa, 48 orang tua / wali siswa, 8 orang guru, dan 7 orang komite sekolah.Senam sehat, mengawali gelar karya di SDN 1 Kalijaran

Kegiatan diawali dengan senam pagi bersama, dilanjutkan dengan kegiatan Gelar Karya P5, dan diakhiri dengan acara Pembagian Raport Siswa Semester Genap Tahun Pelajaran 2023 / 2024.

Kepala SD Negeri 1 Kalijaran, Siti Karomah,S.Pd mengemukakan, Gelar Karya P5 ini menampilkan karya anak dengan tema yang beragam. Ada sebanyak 5 stand karya hasil kreasi siswa dan 2 bazar hasil sinergi orang tua / wali siswa turut nampak menyemarakkan acara ini. Siti Karomah,S.Pd menambahkan para orang tua atau wali siswa mempersiapkan bazar dengan antusias dan semangat.

“Kami sangat mengapresiasi kerja keras dan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu,” ucapnya.Para siswa antusias memamerkan karya-karyanya.

Menurut Mulki Adilah Hartiana,S.Pd salah satu guru SD Negeri 1 Kalijaran, sinergi dalam kegiatan Gelar Karya ini dapat memberikan dampak positif terhadap para siswa, mereka akan bangga dan merasa memiliki sekolah dengan prestasi yang terus diciptakan.

Mulki Adilah Hartiana menambahkan, orang tua murid memberikan dukungan yang luar biasa. “Mereka benar-benar merasa dirangkul pihak sekolah, sehingga rasa ini akan menimbulkan sikap handarbeni terhadap sekolah,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu wali murid kelas 2, Eka yang ikut hadir dalam acara menjelaskan, sebanyak 2 stand bazar dikelola wali murid melalui paguyuban. Yaitu masing-masing satu kelas membuat satu stand.

Salah satu siswa kelas IV Muhammad Sidiqia Hamizan menyatakan kegembiraannya megikuti acara gelar karya P5 kali ini adalah pengalaman yang baru bagi saya.

Terpisah, Ketua Komite SD Negeri 1 Kalijaran, Sucipto mengapresiasi, suksesnya gelar karya ini. Ia berharap ke depan para siswa bisa selalu menampilkan karya murni mereka, khususnya di era digital ini.

“Kami lihat sinergi sekolah dan orang tua luar biasa. Sehingga hal baik ini harus dipertahankan,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan, kegiatan berlangsung meriah, semua mengenakan seragam olah raga. Gelar karya P5 yang dilaksanakan sangat mendukung penanaman profil pelajar Pancasila bagi seluruh siswa.

Dukungan dari seluruh orang tua/wali siswa menunjukkan adanya sinergitas antara pihak sekolah dan orang tua /wali siswa. Selain support dari para orang tua / wali siswa, seluruh dewan guru terlibat aktif memperisapkan kegiatan, Sekolah mengharapkan melalui event ini dapat membentuk siswa yang bertalenta, berkarakter dan berprestasi. Sehingga mendukung pelaksanaan kurikulum Merdeka dan mendorong siswa menjadi generasi yang membanggakan. (Sugeng Triyatmono)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.