Tim Gabungan Bergerak Cepat Atasi Dampak Bencana Tanah Longsor Di Desa Kaliori

by -37 Views
Kepala Pelaksana BPBD Purbalingga Ir Prayitno, M.Si bersama PMI memberikan bantuan kepada korban bencana tanah longsor di Desa Kaliori, Kecamatan Karanganyar, Purbalingga. (Foto: DInkominfo/EDUKATOR)

PURBALINGGA, EDUKATOR--Memasuki hari kedua, Senin (15/4/2024) penanganan bencana tanah longsor di Dusun Sawangan, Desa Kaliori, Kecamatan Karanganyar, berbagai upaya telah dilakukan untuk mengatasi dampak yang ditimbulkan. Peristiwa tanah longsor itu terjadi akibat hujan deras dengan intensitas tinggi pada Minggu (14/4/24), dengan 3 titik longsor terjadi pada wilayah tersebut.Lokasi longsor di Dusun Sawangan, Desa Kaliori, Kecamatan Karanganyar, Purbalingga. Petugas sedang berupaya mengatasi denbgan alat berat. (Foto: Dinkominfo Purbalingga/EDUKATOR)

Meskipun tidak ada korban jiwa, namun tanah longsor menyebabkan terputusnya jalan penghubung ruas Kaliori – Grugak sepanjang 100 meter akibat tertimbun material longsor, kerusakan pada 3 rumah warga, dan padamnya jaringan listrik serta air bersih. Total 4 KK dengan 14 Jiwa mengungsi ke tempat yang lebih aman.Kepala Pelaksana BPBD Purbalingga Ir Prayitno, M.Si meninjau rumah korban bencana tanah longsor di Desa Kaliori. ((Foto: Dinkominfo Purbalingga/EDUKATOR)

“Jalan penghubung Dusun 1 ke Dusun 5 sepanjang 100 meter tertimbun material longsor dengan ketinggian bervariasi dari 2 meter hingga 20 meter, sehingga membuat jalan kabupaten ruas Kaliori – Grugak terputus,” kata Kepala Pelaksana BPBD Purbalingga Ir Prayitno, M.Si kepada EDUKATOR di lokasi bencana, Selasa (16/4/24).

Berbagai upaya penanganan telah dilakukan oleh BPBD Purbalingga bersama sejumlah lembaga terkait dan relawan, seperti kerja bakti bersama tim gabungan untuk membersihkan material longsor, pengerahan alat berat (excavator) untuk membuka akses jalan darurat, dan pendirian dapur umum untuk korban terdampak dan relawan. Perbaikan jaringan listrik oleh tim PLN Purbalingga serta penyerahan bantuan logistik dari Dinsosdalduk KBP3A untuk membantu korban.

“Hingga saat ini, titik longsor ke-1 dan ke-3 telah berhasil dibersihkan, namun titik longsor ke-2 masih dalam proses penanganan karena material longsor berupa batu bongkahan besar.Progres sampai Selasa ini penangannya sudah mencapai 30%. Demikian juga dengan rumah yang terdampak, masih dalam proses penyingkiran material longsor,” ujar Prayitno.

Tim penanganan yang bertugas melibatkan BPBD, POLRI, TNI AD, Kecamatan Karanganyar, Pemdes Kaliori, PMI, Pramuli, Dinsosdalduk KBP3A, SAR Perwira, SAR MTA, serta partisipasi dari warga setempat. (Prasetiyo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.