Universitas AMIKOM Purwokerto Gelar Pendampingan Pengisian E-Rapor di SMK Cahaya Islam

by -31 Views
Foto bersama dosen Univeritas AMIKOM Purwokerto Nurfaizah M.Kom beserta tim dan sebagian guru SMK Cahaya Islam Pulosari, Pemalang. (Foto: Istimewa/ EDUKATOR)

PEMALANG, EDUKATOR–Dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas AMIKOM Purwokerto Nurfaizah, M.Kom. beserta tim mahasiswa terdiri Wisnu Mu’amar, Arifah Budi Hidayah dan Iwan Haryatno, Selasa (9/7/2024) melakukan pelatihan penggunaan teknologi dan pengenalan aplikasi e-rapor, di SMK Cahaya Islam Pulosari, Kabupaten Pemalang.

Kegiatan itu diikui para guru dan pegawai Tata Usaha operator Data Pokok Pendidikan (Dapodik) SMK Cahaya Islam .

“Pelatihan ini bertujuan untuk melakukan pendampingan penggunaan teknologi kepada guru dan operator Dapodik dalam melakukan pengisian E-Rapor,” ujar Nurfaizah kepada EDUKATOR di sela-sela kegiatan itu.

Menurut Nurfaizah, di tengah dinamika perkembangan pendidikan, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menjadi salah satu lapisan pendidikan yang strategis dalam membentuk sumber daya manusia yang siap bersaing di era global. Dengan diterapkannya Kurikulum Merdeka, yang menitikberatkan pada pengembangan kompetensi dan penerapan teknologi informasi, penggunaan e-rapor menjadi sebuah keharusan.

E-rapor tidak hanya sebagai alat administratif, tetapi juga sebagai instrumen penting dalam pemantauan dan evaluasi pembelajaran.

“Oleh karena itu, diperlukan pemahaman mendalam dan penguasaan teknologi informasi oleh guru untuk memaksimalkan potensi e-Rapor sebagai bahan evaluasi kurikulum,” ujarnya.

Dengan adanya pendampingan dalam bentuk pelatihan penggunaan teknologi dan pengenalan aplikasi e-rapor, para guru dan operator Dapodik SMK Cahaya Islam , diharapkan semakin mudah dalam melakukan pengisian e-rapor. (Prasetiyo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.