Unsoed Kembali Tambah Lima Profesor Baru

by -1417 Views
Rektor Unsoed Prof.Dr.Ir Akhmad Sodiq M.Sc., Agr., IPU (paling kanan) dan Ketua Senat Unsoed Prof. Dr. Ir. Mas Yedi Sumaryadi, M.S., IPU (paling kiri) bersama lima profesor baru Unsoed. (Foto: Humas Unsoed/EDUKATOR)

PURWOKERTO, EDUKATOR–Menjelang akhir tahun 2023, Unsoed terus panen profesor atau guru besar baru. Kamis (9/11/2023) bertempat di Auditorium Graha Widyatama Prof.Rubijanto Misman, Unsoed kembali mengukuhkan lima profesor pada sidang terbuka senat. Video pengukuhan lima guru besar itu dapat disaksikan pada link https://www.youtube.com/watch?v=CcKD3eZ2YZo.

Mereka yang dikukuhkan itu, terdiri Prof. Dr. Ir. Heru Adi Djatmiko, M.P. sebagai Profesor dalam Bidang Ilmu Bakteriologi Tanaman (Fakultas Pertanian); Prof. Dr. Oedjijono, M.Sc. sebagai Profesor dalam Bidang Ilmu Mikrobiologi (Fakultas Biologi); dan Prof. Dr. Dwi Sunu Widyartini, M.Si., sebagai Profesor dalam Bidang Ilmu Fikologi (Fakultas Biologi).

Kemudian Prof. Poppy Arsil, S.T.P., M.T., Ph.D., sebagai Profesor dalam Bidang Ilmu Manajemen Panganl (Fakultas Pertanian); dan Prof. Dr. Sofa Marwah, S.IP., M.Si., sebagai Profesor dalam Bidang Ilmu Analisis Politik Indonesia (FISIP).

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Unsoed Prof.Dr.Ir Akhmad Sodiq M.Sc.,Agr.,IPU menegaskan komitmennya untuk terus mendorong karir dosen-dosennya menjadi pendidik profesional dan ilmuwan.

“Tahun ini, sungguh menjadi berkah bagi Unsoed, karena ada 40 profesor baru yang mendapat kepercayaan dari negara dan pemerintah,” ujarnya.

Pemikiran para profesor yang baru saja dikukuhkan, lanjut Rektor Akhmad Sidoq, telah menunjukkan otentisitas dan cara pandang yang visioner. Isu-isu yang diangkat, seperti penggunaan bakteri pertanian berkelanjutan, pemanfaatan mikroorganisme untuk mengurangi polutan yang ada, potensi alga dalam industri ramah lingkungan, strategisnya konsumsi halal dalam kualitas kehidupan, serta membaca politik dalam dimensi kultural.

“Semua itu pada hakikatnya merupakan gagasan yang konstruktif dalam membangun peradaban dan kualitas kehidupan,” ujarnya.

Rektor Akhmad Sodiq juga merasa bangga dengan pemikiran para profesor yang baru dikukuhkan ini, karena memiliki kekayaan ide yang solutif dan konstruktif. (Prasetiyo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.