UNSOED Raih  Penghargaan Kejuaraan Teknologi Internasional

by -1196 Views
Tim Unsoed pada ajang WINTEX 2023 di Bali.

PURBALINGGA, EDUKATOR–Abdillah Haidar Irhab Al Ghani,  mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Angkatan 2020 berhasil meraih penghargaan pada ajang Internasional World Invention and Technology Expert (WINTEX) 2023. Kegiatan itu diselengarakan  di Werdhi Budaya Art Center Bali, 16-19 September 2023.Tim Unsoed raih gold medal World Invention and Technology Expert (WINTEX) 2023

Bersama dengan tim yang beranggotakan tiga mahasiswa dari Fakultas Biologi,  terdiri  Enrico Andra Hidayat,Edith Nadya Apriliani Verina Daww, dan Tanaya Aryo Jalu Bimantoro..Tim Ini dibimbing oleh Dr.Ratna Stia Dewi S.Si, M.Sc.

Mereka membuat judul penelitian Mydecolorzation Based on Extracelllular Enzymatic Of Aspergillus sp 3 And Biofiltration Using Internet Of Thing System (IOTs). Yakni alat pengolah limbah cair batik yang dapat dikendalikan secara online dengan menggunakan Internet of Things.Abdillah Haidar Irhab Al Ghani,  mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)

Tujuannya untuk mengendalikan limbah cair batik dengan cara mendekolorasi limbah batik menggunakan jamur aspergillus sp 3. Kemudian dicampurkan ke limbah batik, sehingga menghilangkan kadar toxic pada limbah tersebut. Hal ini dikandung maksud,  agar dapat dibuang ke lingkungan dengan aman dan dapat dimonitoring melalui device laptop untuk memantau kadar ph dan kekeruhan.

“Hasil decolorasi ini udah  diuji pada tanman kedelai  dan dapat tumbuh dengan baik,” Abdillah Haidar Irhab Al Ghani.

Tim ini mendapatkan perhatian khusus  dari dewan juri dan berhasil menyabet 3 penghargaan sekaligus. Yakni  Gold medal Green Technology/Protection of Environment/Agriculture Category, Special Prize from Korea Invention Promotion Association, dan Incubation Opportunity from Inotek Fondation.

Atas raihan tiga penghargaan tersebut,  Tim Unsoed  sekalgus menorehkan tinta emas yang mengharumkan nama Unsoed. (Raka dan Asya)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.