248 Peserta Didik SMPN 3 Purbalingga Ikuti Training Motivasi

by -53 Views
P{eserta traimning motivasi siswa Kelas IX SMPN 3 Purbalingga.

PURBALINGGA, EDUKATOR–Dua konselor dari Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) Polres Purbalingga, Kamis (18/4/2024) memberikan training motivasi bertajuk “Motivasi Psikologi Dalam Pengelolaan Pikiran dan Emosi bagi peserta didik kelas IX SMPN 3 Purbalingga”. Kegiatan yang dibuka oleh Kepala sekolah Subarno S.Pd itu, berlangsung di Aula SMPN 3 Purbalingga, diikuti 248 peserta didik, terdiri 128 putra dan 120 putri.

Kedua konselor yang memberikan motivasi tersebut, Iptu Teguh Susilo, S.Psi., M.Psi, Psikolog dan Aipda Sami’an SH.Iptu Teguh Susilo, S.Psi., M.Psi, Psikolog

Kepala SMPN 3 Purbalingga Subarno S.Pd menjelaskan, tujuan training motivasi ini untuk membentuk mental dan karakter siswa yang sehat, cinta tanah air, berpikir positif, memiliki keyakinan positif, selalu menjadi anak yang bersyukur, taat kepada orang tua, guru, agama dan negara serta sukses dalam belajar.

Untuk diketahui, mulai 22 April mendatang, 248 peserta didik kelas IX SMPN 3 Purbalingga akan menempuh ujian praktik, dilanjut Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) mulai 3 – 11 Mei 2024. Dan dijadwalkan, pengumuman kelulusan pada tanggal 10 Juni 2024.

“Untuk memberikan bekal menghadapi ujian praktik dan PSAJ itu, maka kami pandang perlu digelar kegiatan training motivasi seperti ini,” ujar Subarno.

Dalam kesempatan tersebut, Iptu Teguh Susilo dan Aipda Sami’an menggembleng peserta didik dengan berlatih konsentrasi, membangun citra diri dan keyakinan, tes konflik otak kiri dan otak kanan,.dan strategi mengelola pikiran & emosi.

Upaya menggembleng mental peserta didik itu, karena selama ini ada 16 masalah umum yang dihadapi pelajar. Yakni ingatan yang buruk, menunda, malas, kecanduan game, TV dan internet; sulit memahami yang diajarkan, mudah bingung dan perhatian singkat.

Selain itu, sulit memahami yang diajarkan, mudah bingung, sering melamun di kelas,ceroboh, tekanan dari orang tua/guru,. terlalu banyak yang dipelajari, gampang menyerah, guru yang membosankan, tidak tertarik dengan mata pelajaran dan kurag motivasi.

Teguh Susilo menegaskan, untuk menjadi orang sukses , peserta didik harus meningkatan Imtaq kepada Allah SWT, selalu minta doa restu kepada orang tua,berusahalah maksimal dalam belajar,konsistensi, konsentrasi dan disiplin serta percaya diri dan siap diri.

“Seain itu, kelola pikiran dan emosi, manajemen waktu, keyakinan positif dan jujur serta bersyukur,” tegas Teguh Susilo. (Prasetiyo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.