Keren….74 Siswa SMAN 1 Purbalingga Diterima PTN Lewat Jalur SNBP, 15 Diantaranya di UGM

by -117 Views

PURBALINGA, EDUKATOR–Prestasi membanggakan ditunjukkan SMA Negeri 1 Purbalingga. Dalam pengumuman secara serentak hasil seleksi melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Selasa (26/3/2024) jam 15.00 WIB, sebanyak 74 siswa Kelas XII sekolah ini, diterima di 15 Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Dari 74 siswa itu, jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) ada 42 siswa, dan 32 siswa dari jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Yang membanggakan, dari 74 siswa itu, 15 diantaranya diterima di Universitas Gadjah Mada (UGM) yang merupakan PTN favorit.

Selama 4 tahun terakhir ini, siswa SMAN 1 Purbalingga yang diterima melalui jalur SNBP mengalami kenaikan. Pada tahun 2021 ada 26, 2022 (43), 2023 (45) dan tahun 2024 ini 74.Kepala SMAN 1 Purbalingga Joko Mulyanto, S.Pd, M.Pd

“Kami sangat beryukur kepada Allah SWT, serta menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para guru, atas kerja kerasnya membimbing dan mengarahkan anak-anak hebat, sampai pada posisi ini. Juga terima kasih kepada komite sekolah dan semua orang tua siswa, atas dukungan yang menjadi pelecut semangat kami.Pelan-pelan kami bangkit lagi dalam penerimaan mahasiswa baru,” ujar Kepala SMAN 1 Purbalingga Joko Mulyanto, S.Pd, M.Pd kepada EDUKATOR di Purbalingga, Selasa malam (26/3/2024).

Tahun demi tahun, lanjut Joko Mulyanto, pihaknya berusaha keras meningkatkan kuantitas maupun kualitas capaian masuk PTN melalui jalur seleksi non tes atau SNBP.

“Capaian ini, tak lepas juga berkat kegigihan anak-anak yang luar biasa,” ujar Joko Mulyanto.

UGM Terbanyak

Joko Mulyanto mengemukakan, ada 172 siswa yang memenuhi syarat mengikuti seleksi SNBP tahun 2024 ini, terdiri MIPA 100 siswa, dan IPS 72 siswa. Dari 172 siswa itu, yang diterima dari jurusan IPA 42, dan 32 dari jurusan IPS. Dan jika dilihat dari PTN yang diterima, perinciannya 15 diterima di UGM atau terbanyak, disusul Unnes (14), Unsoed (13), UNS (9), Undip (6), UPN Veteran Yogyakarta (4), ITB (3), Untidar (3), dan masing-masing satu orang diterima di IPB, Unud, UPI, Unej, Universitas Brawijaya, Unnesa dan UNY.

Saat ini, jumlah siswa kelas XII SMAN 1 Purbalingga tahun pelajaran 2023/2024 totalnya ada 427 siswa, terperinci dari MIPA 249 siswa , dan IPS 178 siswa. Dari 427 siswa itu, 74 siswa sudah diterima melalui jalur SNBP, sehingga masih 353 siswa yang harus berjuang keras untuk mewujdkan mimpinya masuk PTN idaman maupun Perguruan Tinggi Kedinasan.

Joko Mulyanto berharap, siswa yang belum diterima lewat jalur SNBP, bisa diterima melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Tes SNBT dilakukan berdasarkan tes yang berbasis komputer yang disebut UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer.

“Kami masih punya tugas mangantarkan anak-anak yang belum lolos melalui jalur SNBP. Untuk itu, pasca Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) atau ujian yakni 2 April mendatang, mulai awal April kami akan memberikan bimbingan intensif kepada mereka. Kami harapkan, yang diterima di PTN akan lebih banyak lagi,” harap Joko Mulyanto.

Berikut daftar 74 siswa yang diterima melalui jalur SNBP.

Seperti diketahui, panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), secara serentak mengumumkan hasil seleksi melalui jalur SNBP, Selasa (26/3/2024) mulai pukul 15.00 WIB. Pengumuman melalui laman https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/, dan alternatif situs mirror yang disediakan oleh PTN peserta jalur prestasi. Jumlah total mahasiswa baru se Indonesia yang diterima melalui jalur SNBP tahun 2024 ini sebanyak 156.029 siswa. (Prasetiyo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.