Unsoed Terima 2.464 Mahasiswa Baru Jalur SNBP

by -66 Views
Kampus Unsoed Purwokerto

PURWOKERTO, EDUKATOR–Hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 diumumkan secara serentak hari ini, Selasa (26/3/2024) pukul 15.00 WIB. Pada SNBP ini, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) menerima 2.464 mahasiswa baru yang diterima pada 46 program studi S1, dan 10 Program Diploma (D3 / Vokasi).

Pengumuman hasil SNBP dapat dilihat pada Portal Pengumuman Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) di https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/, dan alternatif, situs mirror yang disediakan oleh perguruan tinggi negeri (PTN) peserta jalur prestasi.Wakil Rektor Bidang Akademik Unsoed Dr.Ir Noor Farid M.Si

Wakil Rektor Bidang Akademik Dr.Ir Noor Farid M.Si mengucapkan selamat kepada peserta SNBP yang dinyatakan lolos seleksi masuk ke Unsoed.

“Bagi peserta yang belum lolos jangan berkecil hati, karena masih ada kesempatan melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Mandiri,” ujar Noor Farid.

Pada SNBP Unsoed tahun ini, total peminat yang mendaftar di Unsoed 26.633 peserta. “Dari total pendaftar itu, setelah proses seleksi diterima 2.464 peserta, dan dari jumlah tersebut termasuk peserta KIP sejumlah 579 peserta. Pada jalur SNBP ini sejumlah 30% dari kuota yang tersedia di Unsoed,” ujar Noor Farid.

Daya Tampung Naik

Total mahasiswa baru Unsoed tahun akademik 2024/2025 yang akan diterima, baik melalui jalur SNBP, SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) dan Mandiri adalah 8.430. Dibanding tahun lalu ada peningkatan signifikan.

Salah satu faktor yang mempengaruhi meningkatnya jumlah daya tampung mahasiswa baru Unsoed pada tahun 2024 ini, adalah dibukanya 7 prodi baru S1. Yakni Prodi Proteksi Tanaman (Fakultas Pertanian), Prodi Mikrobiologi (Fakultas Biologi), Prodi Biologi Terapan (Fakultas Biologi); Prodi Teknik Komputer (Fakultas Teknik), Prodi Teknik Mesin (Fakultas Teknik), Prodi Statistika (Fakultas MIPA) dan Prodi Pendidikan Bahasa Jepang (Fakultas Ilmu Budaya).

Keketatan
Pada SNBP tahun 2024 ini, Program Studi Kedokteran Gigi menjadi program studi dengan tingkat keketatan tertinggi untuk kelompok Saintek, dengan tingkat keketatan 1 : 31. Sedangkan pada kelompok Soshum, program studi Manajemen menjadi program studi dengan tingkat keketatan tertinggi yaitu 1 : 34.

Berikut 5 besar keketatan pada Program Studi Saintek :

1.Program Studi Kedokteran Gigi
2.Program Studi Keperawatan
3.Program Studi Farmasi
4.Program Studi Pendidikan Dokter
5.Program Studi Kesehatan Masyarakat

Pada Program Studi Soshum 5 besar keketatan :
1.Program Studi Manajemen
2.Program Studi Akuntansi
3.Program Studi Ilmu Komunikasi
4.Program Studi Administrasi Publik
5.Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Sedangkan untuk Program Studi Diploma(D3) 5 besar keketatan :
1.Program Studi Administrasi Bisnis
2.Program Studi Administrasi Perkantoran
3.Program Studi Akuntansi
4.Program Studi Bisnis Internasional
5.Program Studi Agribisnis

Noor Farid menambahkan, pada jalur SNBP tahun ini, Unsoed masuk dalam 20 besar jumlah pendaftar terbanyak, yaitu pada peringkat 18 PTN.(Prasetiyo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.