Bupati Tiwi Mengapresiasi Penyelenggaraan “Launching Kurnas” dan MKKS SMP Cup Banyumas Raya

by -340 Views
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menabuh gong lima kali menandai launching Kurikulum Nasional dan Pembukaan MKKS SMP Cup VIII Banyumas Raya.

PURBALINGGA, EDUKATOR–Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE B.Econ MM mengapresiasi penyelenggaraan launching Kurikulum Nasional (Kurnas) dan MKKS SMP Cup VIII Banyumas Raya . Bupati juga mengajak kepada tenaga pendidik dan kependidikan untuk bersinergi bekerja secara profesional, guna menghasilkan pendidikan yang berkualitas.Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi dan sejumlah pejabat foto bersama dengan latar belakang peserta MKKS SMP Cup VIII Banyumas Raya (Foto: Prasetiyo/EDUKATOR)

“Melalui pendidikan yang profesional, akan lahir Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas. Untuk itu, tenaga pendidik dan kependidikan, utamanya para kepala sekolah sebagai ujung tombak pendidikan harus bersinergi dan bekerja secara profesional, guna menghasilkan pendidikan yang berkualitas,” pesan Bupati Purbalingga yang akrab dipanggil Bu Tiwi saat Launching Kurikulum Nasional dan Pembukaan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Cup VIII Banyumas Raya, di Sasana Krida Perwira kompleks GOR Guntur Darjono, Purbalingga, Sabtu (15/6/2024).

MKKS CUP SMP Cup VIII SMP Banyumas Raya diikuti 685 peserta, terdiri para kepala skeolah SMP, baik negeri mauoun swasta dari Banyumas, Purbalingga, Cilacap dan Banjarnegara.Ketua MKKS SMP Kabupaten Cilacap Marjoko S.Pd M.Pd menyerahkan trofi juara umum kepada Ketua MKKS SMP Kabupaten Purbalingga Subarno S.Pd selaku tuan rumah penyelenggara MKKS SMP Cup VIII Banyumas Raya. (Foto: Prasetiyo/EDUKATOR)

Kegiatan yang mengusung motto “Sehat Awake, Bombong Atine, Kompak Sedulurane” ini, mempertandingkan enam cabang olah raga. Yakni Cabang Sepak Bola Putra, Cabang Tenis Lapangan, Cabang Bulu Tangkis, Cabang Tenis Meja (Putra dan Putri), Cabang Bola Voli (Putra dan Putri) dan Cabang Catur.

Dalam pembukaan itu, hadir Wakil Buoati H Sudono ST MT, Ketua DPRD Purbalinga HR Bambang Irawan SH S.Sos MM, Pj Bupati Cilacap Awaluddin Muuri, A.P., M.M. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalinga Tri Gunawan Setyadi SH MH, Kepala Dinndikbud Banyumas dan Cilacap serta Kepala Disdikpora Banjarnegara, dan sjeumlah tamu undangan.

Bupati Tiwi menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan MKKS SMP Cup VIII, yang dirangkai launching kurikulum nasional ini.

“Saya mengapresiasi kegiatan ini. Selain untuk ajang silaturahmi dan kolaborasi, ajang MKKS Cup ini sebagai upaya membangun kesehatan jiwa dan raga bagi aparatur sipil negara (ASN) dan kepla sekolah. Ini ajang yang bagus, agar para kepala SMP di Banyumas raya ini saling kolaborasi, untuk menghasilkan pendidikan yang berkualitas,” pesan Bupati Tiwi.

Seperti diketahui, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada 27 Maret 2024 lalu resmi menetapkan Kurikulum Merdeka sebagai Kurikulum Nasional. Peresmian kurikulum nasional ini diamanatkan dalam Peraturan Mendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024.

Dengan terbitnya peraturan ini, memberikan kepastian arah pendidikan tentang kurikulum dan pembelajaran. Selain itu, dengan peraturan ini, Kurikulum Merdeka secara resmi menjadi kerangka dasar dan struktur kurikulum untuk seluruh sekolah di Indonesia, termasuk di Purbalingga.

Menurut Bupati Tiwi, kebijakan kurikulum nasional akan memberi kepercayaan lebih besar bagi guru. Utamanya, untuk menghasilkan pembelajaran yang sesuai dengan murid dan kondisi di sekolah. (Prasetiyo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.