Dosen Universitas AMIKOM Siti Alvi Beri Pelatihan Pengelolaan Dana Desa di Desa Melung

by -275 Views
Suasana pelatihan pengelolaan dana desa di Desa Melung, Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas.

PURWOKERTO, EDUKATOR–Untuk menertibkan pengelolaan keuangan desa, Universitas AMIKOM Purwokerto memberikan pelatihan kepada perangkat desa dan masyarakat Desa Melung, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, di kantor desa setempat.

Kegiatan pelatihan pada bulan Dsember 2023 belum lama ini menghadirkan dosen Teknik Informatika Universitas AMIKOM Purwokerto, Siti Alvi Sholikhatin, M.Kom dan dibantu dua orang mahasiswa dari program studi Bisnis Digital dan program studi Informatika, yaitu Nu’maa Nabila Fatwa dan Khayatuz Zaman.

Siti Alvi Sholikhatin mengatakan, kegiatan pelatihan ini dilatarbelakangi bahwa Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) memiliki peran penting untuk membangun desa. Dalam hal ini, pengelolaan anggaran desa melibatkan beberapa pihak, yakni perangkat desa dan masyarakat desa. Pengelolaan anggaran desa ini harus transparan, sehingga pengelolanya harus diberi pelatihan bagaimana cara mengelola anggaran desa yang benar.

“Sasaran kegiatan pelatihan ini yaitu perangkat desa yang menjadi operator utama dalam manajemen, serta masyarakat sebagai salah satu stakeholder penting dalam upaya transparansi pengelolaan keuangan desa,” ujarnya kepada EDUKATOR.

Kegiatan awal berupa seminar dan wokshop tentang sistem keuangan desa yang disesuaikan dengan kebutuhan pemerintah desa Melung. Kegiatan kedua yaitu seminar dengan tujuan untuk mengenalkan fitur-fitur web keuangan desa. Pengguna utama web keuangan desa ini adalah petugas BUMDes yang merupakan pengelola utama keuangan desa, yang mengatur pendapatan dan belanja desa.

Kegiatan selanjutnya yaitu membagikan modul atau manual book. Buku panduan ini penting agar petugas dapat membaca kembali tentang bagaimana mengoperasikan web ketika pelatihan telah selesai dilaksanakan.

“Meskipun kegiatan berlanjut hingga monitoring dan evaluasi, namun ketersediaan manual book/buku panduan sangat penting untuk memastikan bahwa pengguna betul-betul memahami utility dari aplikasi web,” ujar Siti Alvi Sholikhatin. (Prasetiyo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.