Wujudkan Kabupaten Bersih Narkoba, BNN Purbalingga Laksanakan Berbagai Kegiatan dan Inovasi Selama Tahun 2023

by -519 Views
Kepala BNN Kabupaten Purbalingga, AKBP. Sharlin Tjahaja Frimer Arie, S.H, M.Si (nomor dua dari kiri) saat memberikan keterangan pers kepada wratawan di kantor BNN Purbalingga, Rabu (27/12/2023). (Foto: Istimewa/EDUKATOR) .

PURBALINGGA, EDUKATOR–Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Purbalingga sepanjang tahun 2023 telah melaksanakan berbagai kegiatan dan inovasi untuk mewujudkan Purbalingga sebagai Kabupaten Bersih Narkoba (Bersinar).

Kepala BNN Kabupaten Purbalingga, AKBP. Sharlin Tjahaja Frimer Arie, S.H, M.Si mengemukakan, sebagai bagian integral menuju Indonesia Bersinar, BNN Purbalingga sepanjang tahun 2023 telah melaksanakan berbagai kegiatan dan inovasi untuk mewujudkan Purbalingga sebagai Kabupaten Bersih Narkoba (Bersinar).

“Dalam upaya pencegahan , pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN), BNN menggunakan empat pendekatan yakni Soft Power Approach, Hard Power Approach, Smart Power Approach, dan Cooperation,” jelas Sharlin Tjahaja Frimer Arie pada Press Release Kinerja BNN Kabupaten Purbalingga 2023, Rabu, (27/12/2023) di kantor BNN Purbalingga.

Dijelaskan, Soft Power Approach dilakukan melalui kegiatan preventif antara lain pembentukan dua Desa Bersinar, yaitu Desa Dagan Kecamatan Bobotsari dan Desa Binangun Kacamatan Mrebet.

Kegiatan berikutnya, menurut Sharlin pembentukan dua kelompok Remaja Teman Sebaya dan dua kelompok Indeks Ketahanan Diri Remaja (Dektari) dengan target 53,00 realisasinya 55,67 serta Indek Ketahanan Keluarga (Dektara) target 78,69 realisasinya 86,161.

Selanjutnya dijelaskan, sosialisasi pencegahan dan bahaya narkoba dari tingkat pendidikan dasar hingga menengah sebanyak 72 Kegiatan. Lingkungan pendidikan tinggi dua kegiatan, lingkungan keagamaan (Masjid/Mushola) 7 kegiatan, pengajian akbar 1 kegiatan, lingkungan olahraga tiga kegiatan, lingkungan kesenian 6 kegiatan. komponen masyarakat/komunitas 34 kegiatan dengan total audience 35.561 warga.

Informasi dan Edukasi P4GN di media 3 radio lokal, media luar ruang (baliho/spanduk) 33 Titik.

Selain itu pemberdayaan masyarakat penggiat anti narkoba dari target 40 Orang realisasi 50 orang, satgas anti narkoba target 15 oraang realisasi 50 orang, lingkungan pemerintah target 15 Orang ralisasi 150 orang.

Sharlin juga menejelaskan, satgas anti narkoba lingkungan sekolah target 3 Orang reaalisasi 41 Orang, Relawan target30 dan realisasi 30 Orang, deteksi dini (Check Urin) target 104 sample urin realisasi 170 sample urin

Rehabilitasi kegiatan layanan rehabilitasi rawat jalan target 20 Klien ralisasi 23 Klien ( 1 diantaranya dilakukan rujukan rawat inap ) yang terdiri dari 21 Laki-laki dan dua Perempuan.

“Dari 23 klien yang ditangani tersebut, klien dengan umur termuda adalah 14 tahun dan tertua 44 tahun, dengan latar belakang pelajar : 16 orang, pekerja : 6 orang, tidak / belum bekerja : 1 orang”, katanya.

Menurutnya, zat utama yang dominan disalahgunakan diantaranya, narkotika golongan I (Ganja), golongan psikotropika (Benzo) dan zat adiktif lainnya (Kecubung, Bunga Terompet)

Dibidang layanan penerbitan SKHPN target 150 realisasi 155. Lima diantaranya penerbitan SKHPN 0 rupiah bagi warga masyarakat yang membutuhkan dan memenuhi persyaratan yang di tetapkan, yakni dari kelurga tidak mampu.

Layanan Rehabilitasi oleh dua Unit IBM 2 Unit di Desa Dagan & Desa Binangun.

Indeks Kepuasan Masyarakat yang mengakses layanan rehabilitasi pada Klinik BNN target 3,4 realisai 3,62.

Skrining Intervensi Lapangan 40 Kegiatan telah menyelamatkan 15 klien dari kalangan pelajar dari jerat narkoba.

Kegiatan Skrining Intervensi Lapangan dilaksanakan di beberapa tempat antara lain di lingkungan pendidikan SMP dan SMA, Terminal Purbalingga, Gor Goentoer Darjono, dan Desa Bersinar dan tempat keramaian.

Pada kegiatan pemberantasan kasus tindak pidana narkotika (Laporan Kasus Narkotika) mengamankan satu tersangka dengan barang bukti Meth seberat ± 0.44 gram.

Layanan Asesmen Terpadu (TAT) targetnya10 realisasinya 13 kegiatan dengan jumlah tersangka 16 Orang.

Rincianya Polres Purbalingga sebanyak 9 kegiatan dengan Jumlah 12 Orang Tersangka dan Polres Banjarnegara ada 4 kegiatan dengan jumlah 4 prang tersangka

Kegiatan razia bersinergi dengan Rutan Purbalingga dan Razia THM di wilayah zonasi (Kabupaten Banjarnegara)

BNNK Purbalingga dalam tahun 2023 juga telah melakukan perjanjian kerja sama dilengkapi dengan 13 Dokumen Nota Kesepahaman / Perjanjian Kerjasama dengan lingkungan Pendidikan, PKK dan Rumah Sakit.

“Kami juga bersinergi di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Purbalingga, melaksanakan 53 layanan di MPP antara lain konsultasi sosialisasi, konsultasi magang / data skripsi, dan penerbitan SKHPN.

Si Biru Menyapa
Dalam P4GN BNNK Purbalingga juga melakukan inovasi antara lain melaluikegiatan KIE P4GN melalui Si Biru Menyapa di 22 Kegiatan antara dain dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 3 Purbalingga , Gor Goentor Darjono SMP Negeri 2 Kutasari , SD Negeri 1 Bobotsari, papangan Desa Dagan , serta hadir dalam carnaval HUT Kemerdekaan ke-78 RI Desa Binangun.

Inovasi lainnya, aplikasi pelayanan online, Aplikasi SIBANGGA (Sistem Informasi BNN Kabupaten Purbalingga), BNN Masuk Sekolah Sinergi dengan Cabang dinas Pendidikan wilayah IX Jateng, Safari BNN Sambang Masjid dan gereja.

Di tahun 2023 BNNK Purbalingga juga mendapatkan penghargaan dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Purbalingga sebagai Kontributor Data Terbaik dalam penyusunan Purbalingga dalam angka 2023 sebagai instansi paling responsif.

“Dalam kesempatan ini, ijinkan kami menghaturkan apresiasi dan terima kasih kepada Ibu Bupati Purbalingga dan Bapak Pj. Bupati Banjarnegara beserta jajaran atas sinergisitas dalam upaya P4GN sebagai derap langkah bersama mewujudkan Purbalingga dan Banjarnegara sebagai Kabupaten Bersinar menuju Indonesia Berinar”, pungkasnya. (Prasetiyo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.