Faperta Unsoed dan Kemendes PDTT Jalin Kerja Sama

by -11 Views

PURWOKERTO, EDUKATOR—Untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, Fakultas Pertanian (Faperta) Unsoed terus melalui kerja sama dengan berbagai pihak. Terbaru, bertempat di ruang rapat besar Gd. A Lt 2 Fakultas Pertanian, Selasa (25/6/2024) dilaksanakan penandatangan Perjanjian Kerja Sama antara Kepala BPSDM, dan PMDTT Kementerian Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dengan Fakultas Pertanian Unsoed.

Dari BPSDM, dan PMDTT Kementerian Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) i diwakili Kepala Bagian Tata Usaha BBPPM Yogyakarta, Cahyono, S.E. Sedangkan  dari Unsoed , Dekan Fakultas Pertanian, Prof. Dr. Ir. Sakhidin, M.P.

Dekan Faperta Sakhidin menyambut hangat inisiasi kerja bersama yang merupakan tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman kedua lembaga. Dekan berharap kerja sama ini dapat mendukung pelaksanaan misi kedua belah pihak dan saling memberikan manfaat.

Sementara itu, Cahyono , mengatakan bentuk implementasi kerja bersama ini nantinya dapat berupa pendayagunaan sumber daya manusia sebagai narasumber, pelatih maupun dosen luar biasa, pengiriman mahasiswa magang kerja maupun praktik kerja lapangan, kolaborasi penelitian dan pemberdayaan masyarakat.

Sedangkan, Amia Sudewi, S.Pd., M.M penggerak swadaya masyarakat yang berperan dalam mengkoordinasi pembimbingan mahasiswa PKL maupun magang menyampaikan bahwa Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat (BBPPM) Yogyakarta selama empat semester sebelumnya telah menerima enam mahasiswa Faperta Unsoed melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Amia juga menyampaikan apresiasi terhadap inisiatif, kepercayaan diri dan kreativitas mahasiswa Faperta Unsoed selama menjalani PKL.

“Mahasiswa aktif dalam berbagai aktivitas di balai, baik yang terkait dengan bidang keilmuannya maupun aktivitas pendukung, seperti terlibat dalam pelayanan masyarakat dan penyediaan konten edukasi di sosial media BBPPMM Yogyakarta. Sebagai bentuk evaluasi dan apresiasi digelar presentasi/ ekspo di akhir pelaksanaan PKL. BBPPM Yogyakarta berharap semakin banyak mahasiswa yang berkesempatan magang/PKL di lembaga tersebut,” jelas Amia.

Turut menyambut kehadiran Tim dari BPSDM dan PMDTT Kemendesa, acara dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ketua dan Wakil Ketua Tim Pengelola Kerja Sama Faperta Unsoed serta para Ketua/Sekretaris Jurusan dan jajaran pimpinan tata usaha.

Karseno, Ph.D dan Dr. Dyah Susanti selaku tim pengelola kerja sama menyampaikan akan berupaya menindaklanjuti kerja bersama, membuka kesempatan kepada seluruh program studi di Faperta Unsoed untuk dapat memanfaatkan kesempatan bersinergi dengan BBPPM Yogyakarta dan lembaga di bawah koordinasi Kementerian Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.(*/prs)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.