Sanggar Budaya Kembar Arum, Dikelola Profesional dan Terus Berkembang

by -187 Views
Para oenari Sanggar Budaya Kembar Arum siap pentas pada suatu acara.

PURBALINGGA, EDUKATOR–Jika Anda atau anak-anak Anda ingin belajar aneka seni, sastra dan budaya , pilihan tepat adalah di Sanggar Budaya Kembar Arum. Sanggar yang berdiri sejak tahun 2013 dan dikelola secara profesional ini, beralamat di RT 03/RW 02 Desa Gumiwang Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga, atau di belakang SDN 1 Gumiwang.

Pemilik dan ketua Sanggar Budaya Kembar Arum Titi Budi Rahayu, S.Pd. SD.,M.Pd mengemukakakan, sanggar ini sebagai wadah untuk menuangkan dan mengembangkan ide seni tari diantaranya Tari Klasik, Kreasi Garapan, dan tari Tari dolanan anak. Selain itu, Sanggar kembar Arum juga mengajarkan Seni Drama, Pantomim dan puisi.

“Yang belajar di Sanggar ini, tidak hanya anak PAUD, TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK, namun ada juga beberapa guru maupun masyarakat umum dari Purbalingga dan sekitarnya. Dan Sanggar Budaya Kembar Arum telah terdaftar di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga, dengan Nomor: 431/2316/2018,” ujar Titi Budi Rahayu yang juga Kepala SD Negeri 1 Lamuk, Kecamatan Kejobong, Purbalingga ini ketika ditemui EDUKATOR di Sanggar Kembar Arum, Jumat (7/6/2024)

Titi Budi Rahayu mengatakan, Sanggar Kembar Arum terbuka untuk siapa saja yang ingin belajar seni, sastra dan budaya. “Kami siap melayani semaksimal mungkin sampai terampil dan berani tampil di panggung pertunjukan,” ujar ibu berputra tiga yang biasa dipanggil Bu Roro ini.

Saat ini, di tengah kesibukannya di sekolah dan mengelola sanggar, Titi Budi Rahayu juga membimbing ekstra kurikuler tari di SMAN 1 Kejobong. Ia dibantu oleh oleh salah satu asisten sanggar, Algi Suganda, S.Gz.

“Dengan adanya P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka ini, kiprah Sanggar Arum sering diminta bantuan oleh berbagai sekolah, diantaranya SMKN 1 Kejobong,” ujarnya.

Titi Budi Rahayu juga megemukakan, sejak berdiri tahun 2013, hingga tahun 2024 ini telah memiliki lebih dari 40 karya tari kreasi Garapan. Berbagai karya tari itu, telah menghantarkan anak bimbingannya meraih prestasi di berbagai ajang lomba, seperti Festival Llomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Pekan Seni maupun Even lomba P5.

Sediakan Berbagai Kostum
Selanjutnya Titi Budi Rahayu mengatakan, Sanggar Kembar Arum selain sebagai wadah pelatihan seni, juga memfasilitasi berbagai kostum tari, pakaian adat/tradisional maupun modern, dan make up atau tata rias sesuai karakter. Harga yang ditawarkan sangat terjangkau, dengan kualitas pelayanan dijamin memuaskan.

“Selama ini, produk seni unggulan kami yakni pelatihan tari, rias dan busana,” ujarnya.

Untuk mendukung pemngelolaan sanggar, lanjut Titi Budi Rahayu, saat ini pihaknya memiliki 8 asisten sanggar. Terdir Irah Asriatun, S.Pd. SD, Algi Suganda. S.Gz, Marga Pangestuasih, Romadhona Dira Azahri, Romadhona Dira Azahra, Fatimah Nur Yasmine, Indri Navisa Ayu, dan Elsa Nur Hidayah.

Info lebih lanjut mengenai Sanggar Budaya Kembar Arum, silakan hubungi Nomor HP/WA: 082327694000. (Prasetiyo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.