Gambar Berseri Tingkatkan Keterampilan Siswa Menulis Teks Deskriptif

by -41 Views

Oleh: Slamet Widodo
Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri

GAMBAR berseri adalah salah satu metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskriptif siswa. Menurut Rachmawati (2013), gambar berseri adalah serangkaian gambar yang disusun secara berurutan untuk membentuk sebuah cerita atau narasi. Dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris, menurut Wright (1990), penggunaan gambar berseri dapat memfasilitasi siswa dalam memahami konteks visual dan mengembangkan keterampilan menulis deskriptif mereka.

Penggunaan gambar berseri dalam pengajaran Bahasa Inggris dapat memberikan beberapa keuntungan. Pertama, gambar berseri membantu siswa membangun kosakata baru dan memahami makna kata melalui konteks visual. Kedua, metode ini merangsang imajinasi siswa dan memotivasi mereka untuk berpikir kreatif dalam menyusun kalimat dan paragraf. Terakhir, gambar berseri memberikan struktur yang jelas dan membantu siswa mengorganisir ide-ide mereka secara berurutan.

Berikut adalah langkah-langkah penggunaan gambar berseri dalam pembelajaran Bahasa Inggris di Kelas 8 MTs Minhajut Tholabah Desa Kembangan, Kecamatan Bukateja, Purbalingga.

Pertama, mulailah dengan meminta siswa untuk memahami gambar-gambar dalam seri dengan bertanya tentang detail-detail yang terdapat di dalamnya.
Kedua, berikan kesempatan kepada siswa untuk mengidentifikasi kata-kata yang relevan dengan gambar-gambar tersebut dan membangun daftar kosakata baru.
Ketiga, dorong siswa untuk menyusun narasi berdasarkan urutan gambar-gambar yang disediakan.
Keempat, berikan panduan kepada siswa untuk menulis teks deskriptif berdasarkan narasi yang telah mereka susun, menggambarkan gambar-gambar dalam seri secara rinci.

Berikut adalah contoh teks deskriptif sederhana dalam bahasa Inggris:
Title: A Day at the Beach
On a sunny day, the beach was bustling with activity. The golden sand stretched as far as the eye could see, dotted with colorful umbrellas and beach towels. Children were building sandcastles near the water’s edge, while others splashed in the waves. Seagulls soared overhead, their cries mingling with the sound of crashing waves. It was a perfect day for a relaxing getaway by the sea.

Berdasarkan pengamatan penulis, penggunan gambar berseri memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya, dapat memfasilitasi pemahaman kosakata, merangsang imajinasi siswa, dan memberikan struktur yang jelas. Sedangkan kekurangannya, butuh waktu untuk membuat gambar berseri.

Untuk mengatasi kekurangan gambar berseri, guru dapat menggabungkan metode pembelajaran lainnya seperti role-play atau diskusi kelompok untuk lebih memperdalam pemahaman siswa tentang konteks dan mengembangkan keterampilan komunikasi mereka.

Dapat disimpulkan, dengan menggunakan gambar berseri, siswa dapat meningkat keterampilannya dalam menulis teks deskriptif melalui pemahaman visual, pengembangan kosakata, dan stimulasi imajinasi. Meskipun memiliki kelebihan dan kekurangan, penggunaan gambar berseri dalam pembelajaran Bahasa Inggris di Kelas 8 MTs Minhajut Tholabah dapat menjadi alat yang efektif untuk memfasilitasi pembelajaran yang kreatif dan menarik bagi siswa.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.