IBM Desa Meri Binaan BNNK Purbalingga Jadi Kajian Tugas Akhir Mahasiswi UIN Saizu

by -49 Views
Konselor BNN Kabupaten Purbalingga yang juga bertindak sebagai PJ IBM BNNK Purbalingga Tahun 2023 Awan Pratama SIP (kiri) bersama Ratna Ningsih, mahasiswi UIN Saizu Purwokerto. (Foto: dok BNNK Purbalingga/EDUKATOR)

PURBALINGGA, EDUKATOR--Ada kebanggan tersendiri bagi konselor Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Purbalingga Awan Pratama, SIP. Ia ikut berkontribusi mengantarkan Ratna Ningsih, mahasiswi S-1 Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifuddin Zuhri (UIN Saizu) Purwokerto dalam membuat skripsi.

Dijadwalkan, mahasiswi angkatan tahun 2017 ini akan menempuh sidang akhir skripsi pada minggu ketiga Maret 2024 mendatang, mengangkat judul: Layanan Rehabilitasi melalui Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) Bahtera Sinar Emas Desa Meri Kecamatan Kutasari, Purbalingga.

IBM Bahtera Sinar Emas Desa Meri yang merupakan binaan BNNK Purbalingga dan ditetapkan 1 April 2022 ini, diangkat sebagai tugas akhir oleh Ratna Ningsih, karena memiliki keunikan.

“Keunikan IBM Bahtera Sinar Emas adalah klien yang ditangani berbeda dengan IBM lainnya yang ada di Purbalingga. Yakni menangani klien yang menggunakan kecubung,” ujar Awan Pratama yang juga Pananungjawab IBM BNNK Purbalingga ketika dihubungi EDUKATOR di Purbalingga, Sabtu (9/3/2024).

Keunikan lainnya, IBM Bahtera Sinar Mas Desa Meri, mendasarkan pada kearifan lokal seperti Pertemuan PKK (Pemberdayaan kesejahteraan Keluarga), Pengajian Fatayat, Juguran/Ronda, dan Pertemuan PKRT (Paguyuban Ketua Rukun Tetangga) untuk melakukan pendekatan ke masyarakat.

Dalam setiap pertemuan itu, IBM Bahtera Sinar Mas memberikan edukasi terkait bahaya narkoba, dan mengajak bagi yang sudah menggunakan narkoba untuk mengikuti layanan IBM.

“Itulah keunikan IBM Bahtera Sinar Mas, yang melakukan layanan rehabilitasi pada tahap ringan oleh masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat. Dan Ratna Ningsih memfokuskan kajian keunikan layanan rehabilitasi pecandu narkoba oleh IBM Bahtera Sinar Emas itu pada tahun 2023, “ujar Awan Pratama yang menjadi Penannggungjawab IBM pada tahun 2022 dan 2023.

Awan Pratama menjelaskan, BNNK Purbalingga berperan dalam memberikan bimbingan & pelatihan terhadap lima warga Desa Meri yang bertindak sebagai pelaksana IBM atau agen pemulihan, pendampingan terhadap operasionalisasi IBM, termasuk memberikan arahan jika terjadi kendala di lapangan.

“Kami juga melalukan pembinaan untuk memastikan IBM berjalan sesuai petunjuk teknis, dan mendapat dukungan penuh dari seluruh komponen,” ujarnya.

Terkait tugas akhir yang dikerjakan Ratna Ningsih, Awan Pratama selaku PJ IBM memberikan arahan kepada yang bersangkutan untuk meyakinkan publik bahwa layanan IBM binaan BNN adalah teruji secara akademik.

“Bahwa layanan IBM tidak hanya sebatas menggugurkan kewajiban, namun IBM adalah bentuk partisipasi masyarakat terhadap program negara, ” ujarnya.

Empat IBM Binaan
Dijelaskan juga, BNNK purbalingga saat ini memiliki empat IBM binaan. Yakni tersebar di Desa Gandasuli Kecamatan Bobotsari (2021), Desa Meri Kecamatan Kutasari (2022), dan pada tahun 2023 berdiri IBM di Desa Dagan Kecamatan Bobotsari dan Desa Binangun Kecamatan Mrebet.

Tujuan IBM, lanjut Awan Pratama, adalah kepanjangantangan BNNK dalam aspek rehabilitasi. Adapun rehabilitasi yang dilakukan oleh IBM adalah pada tahap ringan dan dilakukan dari masyarakat, untuk masyarakat dan oleh warga masyarakat setempat.(Prasetiyo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.