Inilah Dua Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unsoed Lulusan Pertama Tanpa Skripsi

by -89 Views
Tiga mahasiswa ilmu komunikasi FISIP Unsoed saat mempresentasikan karya filmnya di hadapan dosen penguji.

PURWOKERTO, EDUKATOR-Tiga mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi FISIP UNSOED mempresentasikan hasil karyanya di depan penguji, Selasa (27/2) lalu. Hasil karya berupa film dokumenter itu merupakan tugas akhir pengganti skripsi.

Dua mahasiswa itu, Ahmad Ikbal Azis dan Mabdi Rizqi Rofi dinyatakan lulus dan berhak menyandang gelar sarjana ilmu komunikasi (S.I.Kom). Sedangkan satu mahasiswa lagi, Anggi Fahreza Yulianti, ditunda kelulusannya karena ternyata ada tiga mata kuliah wajib yang belum diambil.

Ketika mahasiswa tersebut menghasilkan karya berupa film dokumenter tentang produksi gula nipah di Desa Nusadadi, Kecamatan Sumpiuh, Banyumas. “Karya ini tak hanya bermanfaat bagi mahasiswa yang bersangkutan, tetapi juga buat masyarakat,” kata salah seorang pembimbingnya, Itsna Hidayatul Khusna, MA dalam rilis yang diterima EDUKATOR, Kamis (29/2/2024).

“Mereka ini adalah mahasiswa pertama yang lulus melalui tugas akhir bukan skripsi,” ujar Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UNSOED, Dr. Edi Santoso, S.Sos M.Si.

Menurut Edi Santosa, kelulusan dua mahasiswa itu sejalan dengan kebijakan pemerintah melalui Kepmendikbud No 53 Tahun 2023 yang menyatakan bahwa skripsi tidak lagi menjadi syarat kelulusan mahasiswa.

“Sebelum ada Kepmen itu, bahkan kami sudah bersepakat saatnya mahasiswa bisa lulus dengan alternatif lain di luar skripsi sebagai syarat kelulusan. Tak semua mahasiswa punya passion menulis atau meneliti. Bahkan kalau mau jujur, mayoritas lebih suka membuat project. Mereka bisa membuat karya seperti film dokumenter, photo book, iklan layanan masyarakat, liputan investigasi, atau proyek pemberdayaan masyarakat,” jelas Edi.

Ketua Gugus Kendali Mutu (GKM) Prodi Ilmu Komunikasi, Tri Nugroho Adi, M.Si menambahkan, tugas akhir bukan skripsi ini memang relevan dengan kurikulum yang saat ini berlaku.

“Kurikulum Ilmu Komunikasi ini kan memang banyak mengakomodir aspek-aspek keterampilan, sehingga akan lebih fair kalau kita memberikan alternatif project sebagai tugas akhir mahasiswa,” jelasnya.(*/Prs)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.