Febby, Meraih Mimpi sebagai Mahasiswa Berprestasi Unsoed Berkat Bidik Misi

by -56 Views
Febby Nur Fauzy. (Foto: Humas Unsoed/EDUKATOR)

PURWOKERTO, EDUKATOR–Nama lengkapnya Febby Nur Fauzy. Biasa dipanggil Febby. Remaja berkacamatan ini terdaftar sebagai mahasiswa program studi S-1 ILmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unsoed, angkatan 2020.

Di tengah keterbatasan ekonomi orang tuanya yang bekerja sebagai montir di bengkel sepeda motor, Febby–anak pertama dari dua bersaudara ini, mampu menyelesaikan studi S-1 nya dalam waktu yang cukup cepat,3 tahun 4 bulan. Febby lulus dengan predikat Cumlaude, dengan Indeks Prestasi 3,93.Febby Nur Fauzy (Foto: Humas Unsoed/EDUKATOR)

Sebelumnya, Febby bersekolah di SMA Negeri 2 Kuningan, Jawa-Barat, tamat tahun 2020. Lalu pada tahun 2020 itu pula melanjutkan ke Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed melalui program Bidik Misi. Sampai akhirnya dinyatakan lulus dalam yudisium, Selasa, 27 Februari 2024 lalu, setelah lulus ujian skripsi dengan judul “Strategi Komunikasi Pemasaran untuk Mempertahankan Brand Awareness: Studi pada Akun Instagram @javaheritagehotel”.

“Saat ini tinggal menunggu wisuda, rencananya 5 Maret 2024 mendatang,” ujar Febby Nur Fauzy kepada EDUKATOR di Purwokerto, Kamis (29/2/2024).

Selama menjadi mahasiswa, Febby dikenal supel dan berprestasi, baik akademik maupun nonakademik.

Adapun sederet prestasi yang diraih, diantaranya, Juara 1 Voice of Youth Challenge Kategori Sadar Hidrasi Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Danone dan Universitas Indonesia (2023); Juara 6 Lomba Public Relations Campaign Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Andalas (2022); Juara 2 Lomba Komik Strip Tingkat Universitas yang diselenggarakan oleh Universitas Jenderal Soedirman (2022); Juara 2 Ajudikator Terbaik Tingkat Universitas yang diselenggarakan oleh Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia Universitas Jenderal Soedirman (2022) dan Juara 2 Lomba Desain Poster Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh KM-STI “AAN” Yogyakarta (2021).

Kemudian, Juara 2 Lomba Desain Poster Tingkat Universitas yang diselenggarakan oleh Himabisi KIP-K Unsoed (2021); Juara Favorit Lomba Desain Poster Tingkat Universitas yang diselenggarakan oleh UKM Riset Fakultas Ilmu Kesehatan Unsoed (2021); dan Juara Harapan 2 Lomba Desain Poster Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Bandung (2021)

Keberanian dan Kesungguhan
Menurut Febby, raihan prestasi ini tidaklah mudah, namun dilandasi perjuangan, kerja keras, keberanian dan kesungguhan.

All our dreams can come true if we have the courage to pursue them. Hanya dengan keberanian dan kesungguhan, mimpi dapat menjadi kenyataan. Itulah motto yang memotivasi saya dalam menyelesaikan studi ini,” ujar Febby.

Febby mengaku bersyukur, di tengah keterbatasan ekonomi orang tuanya, bisa meraih gelar sarjana.

Putra pertama dari Moh. Munarjo dan Yuyu Yuningsih ini telah mampu mengalahkan rasa malas dari dalam dirinya dan mengatasi kendala ekonomi keluarga.Bengkel sepeda motor “Ilham Jaya Motor” yang beralamat di Jalan Kepuh, RT 05/RW 08, Lingkungan Lamepayung, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Bengkel ini milik ayah Febby

Diceritakan, ayah Febby pemilik bengkel sepeda motor “Ilham Jaya Motor” yang beralamat di Jalan Kepuh, RT 05/RW 08, Lingkungan Lamepayung, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Dengan penghasilan yang tidak menentu, kedua orang tua Febby selalu memotivasi untuk semangat dalam belajar. “Saya juga selalu memotivasi adik saya laki-laki yang kini duduk di Kelas XI SMA, untuk semangat belajar dan tak lupa membantu orang tua,” ujar Febby.

Febby merasa beruntung bisa kuliah di Unsued dengan bantuan prograjm Bidik Misi. “Karena penghasilan ayah dari bengkel motor tidak menentu, hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari,” ujar Febby.

Febby mengaku, dengan adanya program Bidik Misi Unsoed, bisa meringankan sedikit beban orang tuanya, agar tidak lagi pusing memikirkan kebutuhan biaya pendidikanya.

Kini, Febby telah berhasil mengubah tantangan dan kendala yang dihadapinya menjadi motivasi yang kuat untuk terus berprestasi dengan mengikuti berbagai lomba dan mencari penghasilan tambahan dari pekerjaan freelance.

Pemilik Hobi melukis ini terus berupaya mengejar cita-cita nya. Masih ada beberapa mimpi yang ingin diraihnya yakni ingin menjadi ASN sekaligus influencer. (Prasetiyo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.