Jalin Kerjasama dengan ITPLN, FT Unsoed akan Buka Program Profesi Insinyur

by -1127 Views
Foto bersama antara pejabat FT Unsoed dengan pejabat ITPLN.

PURBALINGGA, EDUKATOR–Fakultas Teknik Unsoed menjalin kerjasama dengan Institut Teknologi PLN (ITPLN). Bertempat di kampus Fakultas Teknik Unsoed, Blater, Purbalingga, Jumat (3/11/2023), berlangsung pertemuan antara pimpinan dua perguruan tinggi tersebut.

Dalam kesempatan itu, hadir dari pihak FT Unsoed Wakil Dekan bidang Kemahasiswa dan Alumni, Dr. Ir. Nurul Hidayat, S.Pt., M.Kom, Ketua tim kerjasama, Prof. Dr. Eng. Ir. Retno Supriyanti, S.T., M.T, IPU beserta anggota, dan tim inisiasi pendirian Program Profesi Insinyur FT Unsoed yang terdiri Dr. Eng. Ir. Purwanto Bekti Santoso,S.T., M.T, Ir. Priswanto.S.T., M.Eng., Dr. lr. lndra Permana Jati.S.T.,M.T. dan lr. Yogiek lndra Kurniawan.S.T.,M.T.

Sedangkan dari ITPLN, Wakil Rektor IV bidang Kemitraan dan Bisnis IT PLN Dr. lr. Pawenary, MT, MPM, lPU, ASEAN Eng, dan Ketua Majelis Uji Kompetensi Persatuan Insinyur Indonesia (MUK PII) lr. Tumpal Gultom, M.T.,lPU., ASEAN Eng.

Wakil Dekan bidang Kemahasiswa dan Alumni FT Unsoed Nurul Hidayat kepada EDUKATOR mengatakan, pertemuan ini membahas persiapan pendirian Program Studi Program Profesi Insinyur di FT Unsoed. Juga membahas kegiatan apa saja yang dapat dilakukan bersama antara FT Unsoed dengan ITPLN yang dituangkan dalam draft MoU kerjasama.

“Dengan adanya pendidikan profesi insinyur, diharapkan standar kompetensi insinyur di Indonesia dapat menjawab kebutuhan dan tantangan pembangunan pada bidang teknologi, industri dan infrastruktur di Indonesia,” ujar Nurul Hidayat atau yang akrab disapa Doktor Enha ini.

Doktor Enha menggelar podcast di ruang kerjanya dengan Wakil Rektor IV bidang Kemitraan dan Bisnis IT PLN Dr. lr. Pawenary, MT, MPM, lPU, ASEAN Eng, dan lr. Tumpal Gultom, M.T.,lPU., ASEAN Eng. Podcast bisa disimak pada https://www.youtube.com/watch?v=kaLeMGWm3Rg (Pentingkah punya gelar profesi Insinyur?)

Selain itu, karena Persatuan Insinyur Indonesia (PII) telah menjadi anggota organisasi keinsinyuran tingkat dunia seperti World Federation of Engineering Organizations (WFEO) dan ASEAN Federation of Engineering Organizations (AFEO), maka diharapkan Program Studi Program Profesi Insinyur yang akan didirikan di FT Unsoed , dapat berkompetensi dan bersaing dengan kebutuhan Insinyur di Indonesia. (*/Prs)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.