Kajian Kitab Kuning Hingga Khataman Al-Qur’an Warnai Pesantren Ramadan di SMPN 3 Kutasari

by -93 Views
Kepala SMPN 3 Kutasari Priyanto, M.Pd.I ketika sedang memberikan tausiyah kepada para siswa. (Foto: Humas SMPN 3 Kutasari/EDUKATOR)

PURBALINGGA, EDUKATOR--Untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, SMP Negeri 3 Kutasari, Purbalingga menggelar Pesantren Ramadan 1445 H. Kegiatan yang diikuti seluruh siswa Kelas 7, 8 dan 9 ini, berlangsung selama empat hari, Senin-Kamis (1-4/4/2024).

Kepala SMPN 3 Kutasari Priyanto, M.Pd.I mengemukakan, Pesantren Ramadan adalah program sekolah, dan diikuti seluruh warga sekolah. “Hal ini sesuai visi sekolah yakni bertakwa, berprestasi, dan mandiri berlandaskan Pancasila,” ujar Priyanto yang didampingi penanggungjawab kegiatan Pesantren Ramadan Anjar Subekti.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan Pesantren Ramadan ini, diawali salat dhuha, tadarus Al-Qur’an, hafalan juz 30, kajian kitab kuning, dan berbagai materi keagamaan. Penyaji materi dari para guru yang sudah ditunjuk. Sedangkan khusus kajian Kitab Kuning mendatangkan ustaz dari luar.

Setelah pesantren Ramadan, pada hari Jumat (5/4/2024) digelar acara Khatmil Quran. Acara diawali dari Salat Ashar berjamaah, khataman Al-Qur’an, berbuka sampai salat tarawih bersama untuk siswa kelas 9.

Kemudian pada hari Sabtu (6/4/2024) diakhiri dengan penyaluran zakat fitrah kepada mustahik yang tinggal di sekitar sekolah. Penyaluran dilakukan oleh pengurus OSIS.Pembagian zakat fitrah

Priyanto berharap, rangkaian kegiatan pesantren Ramadan mampu memotivasi siswa agar selalu beribadah dengan benar, sungguh-sungguh dan meningkat ketakwaannya. (Agustav Triono/Prs)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.