Keren… ! 47 Guru SD di Bukateja Ikuti Pelatihan Pembuatan Aksi Nyata PMM Menggunakan Canva

by -368 Views
Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar (Kasi PTK Dikdas) Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga Sugeng Triatmono,SE,M.Pd (nomor dua dari kiri) saat memaparkan materi. (Foto: Istimewa/EDUKATOR)

PURBALINGGA, EDUKATOR–Sebanyak 47 guru dari berbagai Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Bukateja, Purbalingga yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Ki Hajar Dewantara, Selasa (28/5/2024) mengikuti pelatihan pembuatan aksi nyata PMM (Platform Merdeka Mengajar) menggunakan Canva.

Kegiatan yang dibuka oleh Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Bukateja Ruwandi, S.Pd yang juga Kepala SD Negeri 1 Kutawis ini, diadakan di SD Negeri 3 Kutawis , berlangsung sejak pukul 10.00 hingga 14.00 WIB.Para guru dari berbagai Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Bukateja, yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Ki Hajar Dewantara sedang mengikuti kegiatan.

Di hadapan laptop masing-masing, para guru tampak asyik dan semangat mengikuti kegiatan itu. Mereka belajar menggunakan aplikasi Canva, seiring tuntutan teknologi dalam pembelajaran.

Canva adalah aplikasi desain grafis yang digunakan untuk membuat grafis media sosial, presentasi, poster, dokumen dan konten visual lainnya. Aplikasi ini juga menyediakan beragam contoh desain untuk digunakan, diantaranya untuk membuat aksi nyata PMM.

Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan itu, Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar (Kasi PTK Dikdas) Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga Sugeng Triatmono,SE,M.Pd, dan Kepala SD Negeri 2 Karangnangka, Bukateja Upik Aimanah S.Pd, SD M.Pd.

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru di bidang informasi dan teknologi ini, dipantau langsung oleh pengawas sekaligus Korwilcam Dindikbud Kecamatan Bukateja Giatno Festisia Gantoro S.Pd SD.

Hadir juga dalam kesempatan itu, Ketua Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Ki Hajar Dewantara Siti Zubaedah,M.Pd.

Guru Profesional

Sugeng Triatmono mengemukakan, profesi guru adalah profesi yang mulia karena banyak misi sosial yang dapat ditampilkan dari sosok seorang guru. “Untuk itu, guru harus senantiasa mampu mengembangkan kompetensinya agar menjadi guru yang profesional,” pesan Sugeng Triatmono ketika tampil pada sesi pertama.

Pada sesi kedua, Upik Aimanah, dengan tekun dan gamblang, menyampaikan materi secara rinci tentang langkah-langkah pembuatan aksi nyata pada PMM menggunakan Canva.

Diselingi tanya jawab antar peserta dengan pemateri, sehingga kegiatan pelatihan menjadi lebih bermakna. Dan peserta pun melakukan praktek langsung membuat aksi nyata pada PMM menggunakan Canva pada laptop masing-masing.

Sementara itu Ketua KKG Gugus Ki Hajar Dewantara Bukateja, Siti Zubaedah mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga yang telah memberikan izin penyelenggaran dan memberikan dukungan sehingga kegiatan Pelatihan Pembuatan Aksi Nyata pada PMM Menggunakan Canva berjalan lancar dan sukses. Hal ini ditunjukkan para peserta terlihat bersemangat mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir kegiatan. (Sugeng Triatmono/Prs)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.