Keren ! Siswa SMP Negeri 2 Kertanegara Olah Makanan Melalui Eksplorasi Bioteknologi Konvensional

by -103 Views
Siswa SMPN 2 Kertanegara menunjukkan hasil praktik membuat makanan dengan memanfaatkan bioteknologi konvensional. (Foto: Humas SMPN 2 Kertanegara/EDUKATOR)

PURBALINGGA, EDUKATOR–SMP N 2 Kertanegara mengadakan kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Berekayasa dan Berteknologi Untuk Membangun NKRI “Eksplorasi Bioteknologi Konvensional”.

Kegiatan pada hari Sabtu (27/1/2024) ini, diikuti seluruh siswa kelas 8. Jelasnya, siswa dilibatkan melalui kegiatan Pengolahan dan pembuatan makanan menggunakan bioteknologi, setelah sebelumnya siswa mengenal pemahaman tentang konsep dasar bioteknologi. Wowwww…keren ini !Siswa SMPN 2 Kertanegara sedang praktik membuat makanan dengan memanfaatkan bioteknologi konvensional. (Foto: Humas SMPN 2 Kertanegara/EDUKATOR)

Siswa secara berkelompok membuat aneka olahan makanan di sekolah dari bahan dasar kedelai, singkong, ketan dan olahan tepung yang diproses fermentasi dengan ragi dan pengembang. Dan produk yang dihasilkan berupa tempe, tape singkong, tape ketan dan donat.

Kepala SMP Negeri 2 Kertanegara, Nur Solisoh, S.Pd mengemukakan, kegiatan ini dapat meningkatkan peran profil pelajar Pancasila pada diri siswa, sekaligus mengenalkan konsep dasar bioteknologi konvensional.

“Tujuan dari kegiatan P5 kali ini agar siswa dapat terus menumbuhkan karakter luhur pelajar pancasila sekaligus berkarya dengan bahan sederhana melalui peran bioteknologi, namun bernilai ekonomis,” ujarnya kepada EDUKATOR di sela-sela praktik kegiatahn P-5.Siswa SMPN 2 Kertanegara sedang praktik membuat makanan dengan memanfaatkan bioteknologi konvensional. (Foto: Humas SMPN 2 Kertanegara/EDUKATOR)

Kegiatan P5 ekplorasi bioteknologi konvensional ini diikuti siswa dengan penuh semangat dan antusias. Siswa secara tim berperan dengan penuh percaya diri membuat kreasi makanan melalui hasil fermentasi.

Salah satu siswa dari kelas 8A Fita Fitriyani mengaku senang mengikuti kegiatan P5 kali ini. Karena ia bisa memeperoleh wawasan mengenai pengolahan makanan dari bioteknologi konvensional dengan sederhana.Siswa SMPN 2 Kertanegara sedang praktik membuat makanan dengan memanfaatkan bioteknologi konvensional. (Foto: Humas SMPN 2 Kertanegara/EDUKATOR)

“Saya senang dengan kegiatan P5 kali ini. Saya bisa belajar mengolah dan membuat makanan dari bioteknologi, melalui proses fermentasi. Ilmu ini akan saya praktikan kembali di rumah,” ujar Fita Fitriyani. (Humas SMPN 2 Kertanegara/prs)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.