“Keris Goes to Campus” Kembali Digelar di Unsoed Purwokerto

by -66 Views

PURWOKERTO, EDUKATOR–Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) kembali menggelar acara “Keris Goes to Campus 2” di kampus Unsoed Purwokerto, Mei 2024 mendatang.

Acara yang bertemakan “Eksplorasi Keris Tangguh Banyumas” ini merupakan kerja sama Pusat Riset Ekonomi Kreatif dan Pariwisata LPPM Unsoed, Pusat Riset Dayalogawa LPPM UNSOED dengan berbagai komunitas dan stakeholder perkerisan di wilayah Banyumas Raya .

Humas Unsoed dalam rilis yang diterima EDUKATOR, Selasa (23/1/2024) menjelaskan, rangkaian acara meliputi seminar keris, pameran dan bursa keris, bazaar pelaku industri kreatif perkerisan, baca geguritan/puisi Jawa bertema keris, keris art painting, tari tradisi, dan workshop perawatan keris.

“Kegiatan ini digelar untuk mengedukasi generasi muda tentang keris sebagai produk budaya dan peradaban Nusantara, serta melestarikan keris sebagai warisan budaya di wilayah Banyumas Raya. Sejatinya, keris bukan sekedar benda mistis, tapi memiliki nilai filosofis, sejarah, dan metalurgi yang tinggi,” ujar Ketua Panitia. Dr Rahab dari Pusat Riset Ekonomi Kreatif dan Pariwisata LPPM Unsoed.

Prof. Dr. Ir. Elly Tugiyanti, M.P.,IPU.,ASEAN Eng selaku Ketua LPPM Unsoed mendukung penuh kegiatan tersebut dengan menyediakan fasilitas dan sarana prasarananya.

Acara yang akan digelar pada bulan Mei 2024 mendatang ini, bertepatan dengan bulan pendidikan Nasional, dan akan dilaksanakan selama 5 hari. Target kegiatan meliputi generasi milenial, kolektor, mahasiswa, dan masyarakat umum sebagai peserta.

Keris Goes to Campus sebelumnya telah sukses digelar di UIN Purwokerto pada tahun 2023. Kini, acara serupa digelar kembali di Unsoed dengan skala yang lebih luas dengan melibatkan para pelaku ekonomi kreatif yang berkaitan dengan keris.

Selain LPPM Unsoed, acara ini turut didukung oleh Paguyuban Trah Panembahan Senopati (PATRAP) Kota Gede Cabang Banyumas, komunitas Kebo Teki, Gora Mas, Blakasuta, DKKB, HPN, Manggala Budaya Bumi Banyumas, Prakarsa Garba Mataram, dan masih banyak lagi. Keris Goes to Campus 2 diharapkan dapat menjadi wadah edukasi sekaligus pelestarian budaya Banyumas yang khas.

Informasi lebih lanjut mengenai acara ini dapat menghubungi panitia di nomor 081327473838. (*/prs)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.