P5 Suara Demokrasi, SMP Negeri 2 Kertanegara Gandeng KPU Purbalingga

by -1330 Views
Para siswa SMPN 2 Kertanegara yang didampimgi Kepal skeolah dna guru pendamping foto bersama di KPU Purbalingga. (Foto: Humas SMPN 2 Kertanegara/EDUKATOR)

PURBALINGGA, EDUKATOR–Adanya Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka, dimanfaatkan betul oleh SMP Negeri 2 Kertanegara untuk mengenalkan praktik berdemokrasi secara nyata kepada siswa. Dalam hal ini, sebanyak 108 siswa kelas 7 berkunjung ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu ( 10/112023). Kepala SMP Negeri 2 Kertanegara Nur Solisoh, S.Pd (kiri) menyerahkan cinderamata kepada Ketua KPU Purbalingga Zamaahsari Ramzah SIP MIP.

Kedatangan para siswa ini didampingi guru dan diterima oleh Ketua KPU Purbalingga periode 2023-2028, Zamaahsari Ramzah SIP MIP.

“Kami dari SMP Negeri 2 Kertanegara mengajak anak-anak ke KPU tujuannya agar anak-anak dapat belajar bersama KPU tentang seluk beluk demokrasi, bagaimana pelaksanaan demokrasi dan mengetahui tahapan serta proses pemilu,” ujar Kepala SMP Negeri 2 Kertanegara, Nur Solisoh, S.Pd.

Nur Solisoh menyebut kegiatan ini merupakan bagian dri Program P5 dalam Kurikulum Merdeka, dengan tema suara Demokrasi.Kepala SMP Negeri 2 Kertanegara, Nur Solisoh, S.Pd.

“Setelah dari KPU harapannya nanti anak-anak memperoleh wawasan tentang suara demokrasi beserta alur kepemiluan, sehingga bisa menerapkan pada kegiatan pemilihan ketua Osis di sekolah, dan mereka memahami betul tahap berdemokrasi yang santun dan berkualitas sesuai dengan tujuan program kegiatan P5 yang mengangkat tema Suara Demokrasi,” ungkap Nur Solisoh.

Seluruh siswa dari SMP Negeri 2 Kertanegara mengawali kegiatan di KPU di Jalan Raya Kalikajar-Kaligondang , dengan memperoleh sosialisasi tentang demokrasi dan pemilu dari Ketua KPU Purbalingga, Zamaahsari.

Kegiatan dilanjutkan dengan melibatkan anak-anak mengikuti simulasi pemilu dengan diawali belajar membentuk kepanitian pemilu, pengisian dan pemilihan suara serta penghitungan suara.

Zamaahsari mengapresiasi kunjungan siswa SMP Negeri 2 Kertanegara. “Kami menyambut baik kegiatan sepert ini,” ujar Zamaahsari Ramsah, aluni Pascasarjana Ilmu Politik UNS ini.

Sementara itu, salah satu siswa kelas VII A, Faza Felita Putri mengungkapkan, dengan adanya kegiatan P5 melalui kunjungan ke KPU Purbalingga, jadi memperoleh banyak pemahaman dan pengalaman baru tentang hal-hal berdemokrasi dan cara menjadi panitia dalam pemilu.

“Saya dan teman-teman jadi tahu tahapan yang benar dalam berdemokrasi,” ujarnya. (Humas SMPN 2 Kertanegara/Prasetiyo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.