Universitas Amikom Purwokerto Gelar Pelatihan di SMKN Kebasen

by -556 Views

PURWOKERTO, EDUKATOR–Tim Pengabdian Masyarakat Amikom Mitra Masyarakat (Tim PKM AMM) yang diketuai Ali Nur Ikhsan, M.Kom, Jumat (8/9/2023) menggelar pelatihan pembuatan video pembelajaran dengan menggunakan media canva di SMK Negeri Kebasen, Banyumas.

Para guru SMKN Kebasen dengan serius mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Universitas AMIKOM Purwokerto. (Foto: Istimewa)

Kegiatan ini diikuti para guru di SMKN Kebasen, dengan materi berupa teori, dan dilanjutkan dengan praktik langsung membuat video pembelajaran sesuai mata pelajaran yang diampu masing-masing guru.

Ali Nur Ikhsan mengemukakan, pelatihan ini bertujuan memberikan pengetahuan kepada guru dalam menggunakan media pembelajaran yang menarik untuk para siswa dalam bentuk video pembelajaran.

“Para guru sangat antusias dalam mengikuti pembuatan video pembelajaran dengan menggunakan media canva. Mereka langsung mempraktikan untuk diterapkan pada masing-masing mata pelajaran yang diampu”, ujar Ali Nur Ikhsan, dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Amikom Purwokerto.

Canva merupakan alat bantu desain dan publikasi online yang dapat diakses oleh semua orang di seluruh dunia, agar dapat membuat desain apapun dan mempublikasikannya di manapun. Dengan menggunakan canva dapat mempermudah pengguna untuk membuat konten video, poster, dan konten-konten untuk media sosial. Canva juga dapat digunakan untuk membantu desain dan publikasi online di berbagai bidang seperti pendidikan, ekonomi, sosial dan lain sebagainya.

Kepala SMK Negeri Kebasen, Prihatin Widiyanto, S.Pd menuturkan, pelatihan penggunaan canva untuk membuat video pembelajaran ini sangat membantu para guru agar lebih berinovasi memberikan pembelajaran yang menarik. Harapannya, para siswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik dan memberikan suasana pembelajaran yang interaktif.

Dalam pelatihan itu, para peserta sangat antusias dan sering menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan penggunaan Canva sebagai media pembuatan video pembelajaran.

“Dengan adanya Canva saya jadi tahu, ada cara yang mudah untuk membuat video dan presentasi mata pelajaran secara online dan gratis. Saya harap akan ada pelatihan-pelatihan menarik lainnya yang berkaitan dengan IT agar dapat membantu guru dalam mendukung proses pembelajaran di kelas” ujar Paryati, salah satu peserta pelatihan. (prs)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.