Yuk…. Menikmati Enaknya Gule Melung Bu Hadi 2, Kuliner Khas Purbalingga

by -96 Views
Pembeli berpose di depan Warung Gule Melung Bu Hadi 2, kuliner khas Purbalingga.

PURBALINGGA, EDUKATOR–Gulai atau ada yang menulisnya Gule, merupakan makanan olahan berbahan kambing yang banyak dijumpai di berbagai daerah. Namun gule yang satu ini berbeda dengan gule pada umumnya.

Adalah Gule Melung Bu Hadi 2, kuliner khas Purbalingga.

Berkunjung ke Purbalingga, belum lengkap jika belum ke Gule Melung. Dari Alun-alun Purbalingga kurang lebih 18 km ke arah timur jurusan Kecamatan Rembang, melalui jalan aspal mulus, sampailah kita di Gule Melung.Bu Hadi alias Maryati (70), pemilik Warung Makan Gule Melung Bu Hadi 2.

Disebut Gule Melung, karena dijual di Dusun Melung, Desa Larangan, Kecamatan Pengadegan, Purbalingga. Dan letak Warung Gule Melung Bu Hadi 2, mudah dicari, karena berada di pinggir jalan raya jurusan Kejobong-Rembang.

Saat ini, ada dua warung Gule Melung yang sudah melegenda, yakni Gule Melung Bu Hadi 2 dan Gule Melung Bu Hadi.

Gule Melung Bu Hadi kini dikelola oleh salah satu anaknya. Sedangkan Gule Melung Bu Hadi 2, kini dikelola sendiri oleh Bu Hadi.Hemmm….nikmatnya Gule Melung Bu Hadi 2

Dijejali Pembeli

Gule Melung Bu Hadi 2, atau cabang baru dari Gule Melung Bu Hadi, kurang lebih baru 10 bulan hadir, jaraknya kurang lebih 300 meter selatan Gule Melung Bu Hadi. Meskipun sebagai cabang baru, warung Gule Melung Bu Hadi 2, selalu ramai dijejali pembeli. Terlebih saat jam makan tiba, Warung Gule Melung Bu Hadi 2 bisa menampung 50 orang lebih.

“Saya jualan gule kambing sejak tahun 1980, ” ujar Bu Hadi, yang memiliki nama asli Maryati ini ketika ditemui EDUKATOR di Warung Gule Melung Bu Hadi 2, Minggu sore (10/3/2024).

Ya, sudah 40 tahun lebih Bu Hadi berjualan Gule Melung.Saat awal berjualan, Bu Hadi membuka lapak di Pasar Kejobong, dan hanya berjualan pada hari Selasa dan Sabtu. Hal ini berlangsung hingga 15 tahun.

Lama kelamaan, karena banyak pembeli yang menghendaki setiap hari berjualan, akhirnya Bu Hadi menetap berjualan di samping rumahnya. Sampai akhirnya kini berjualan di Warung Gule Melung Bu Hadi 2.

Adapun menu yang dijual di warung Bu Hadi 2, antara lain gule daging kambing, balungan geger, balungan sum-sum, balungan iga, balungan buntut, kulit kepala dan dengkil/kaki kambing. Untuk minumannya, ada es jeruk, jeruk anget, teh manis panas, es teh manis/tawar, teh tawar dan kopi.

Sebelum disajikan, aneka menu itu ditimbang terlebih dulu. Untuk gulai daging saat ini harganya Rp 40.000/ons, Balungan geger Rp 45.000/porsi, Balungan sum-sum Rp 45.000/porsi, Balungan iga Rp 50.000/porsi, Balungan buntut Rp 50.000/porsi, Kulit kepala Rp 25.000/ons dan Dengkil/kaki kambing Rp 20.000-30.000/biji tergantung besar kecilnya.
Kambing Jawa

Bu Hadi mengatakan, untuk membuat Gule Melung yang enak, dipilih Kambing Jawa.

Gule Melung Bu Hadi 2 adalah gule Kambing Jawa yang penyajian kuahnya dipisah. Inilah ciri khas Gule Melung.

Gule ini disajikan dengan ketupat ataupun nasi. Sajian ini memiliki cita rasa yang khas dibanding gule-gule yang selama ini ditemui. Pasalnya, cara memasak gule melung ini masih menggunakan cara yang tradisional, yakni dimasak di atas tungku (pawon) dengan bahan bakar kayu bakar selama berjam-jam. Sehingga rasanya lebih khas. Empuk dagingnya juga benar-benar berbeda, jika dibanding dimasak dengan kompor gas.Bu Hadi bersama pemimpin Redaksi Edukator, Prasetiyo

Awal proses pembuatan gulai Melung adalah dagingnya dimasak bersama formula bumbu jahe, kunir, lengkuas, serai, ketumbar, merica, bawang merah, dan bawang putih. Lalu, bumbu-bumbu itu ditumis sebelum dimasukkan ke dalam masakan.

Adapun kuah santan yang berasa gurih-gurih manis dan pedas dibumbui dengan kunir, jahe, serai, daun salam, laos, bawang merah, merica, ketumbar, lombok, bawang goreng, dan gula jawa.

Saat disajikan, daging kambing yang empuk dan kuah gule yang kental, disajikan di mangkuk terpisah.
Nikmat banget

“Rasanya nikmat banget, ada rasa manisnya,” ujar Melodia Puji Inggarwati (25) yang sengaja dari Bekasi bersama suaminya, Bagas Anindito untuk menikmati kuliner Gule Melung Bu Hadi 2.Melodia Puji Inggarwati bersama suaminya, Bagas Anindito, keduanya dari Bekasi sedang menikmati enaknya Gule Melung Bu Hadi 2. (Foto: EDUKATOR/Prasetiyo)

Setiap hari, Bu Hadi memotong 1-2 ekor kambing Jawa untuk dimasak menjadi Gule Melung yang enak. Pada hari lebaran, jumlah kambing yang diptong bisa lebih.Pembeli di Warung Gule Melung Bu Hadi 2

Pembeli di Warung Gule Melung Bu Hadi 2, tidak hanya dari sekitar Purbalingga saja. Namun banyak juga pembeli dari luar kota. Hal ini terlihat dari banyaknya mobil berplat nomor luar kota, yang berjajar di areal parkir di depan warung. Bahkan, mantan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bersama istrinya Ny. Siti Atiqoh, sering datang ke sini.

“Pak Ganjar bersama ibu, sudah menjadi langganan kami,” ujar Bu Hadi yang di usianya 70 tahun masih terlihat segar bugar.

Anda tertarik ingin mencicipi nikmatnya Gule Melung Bu Hadi 2? Silakan bisa kontak ke Nomor HP/WA 085291303739, atau langsung saja ke sini. Warung Gule Melung Bu Hadi 2 buka dari jam 07.00 – 21.00 WIB. (Prasetiyo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.