Makan Siang Bersama di SDN 3 Donorojo, Usai Panen Cabai dan “Sugar”

by -52 Views
Makan siang bersama, dengan sayuran dari hasil bercocok tanam oleh para siswa SDN 3 Donorojo, Kecamatan Sempor, Kebumen.

KEBUMEN, EDUKATOR–Memanfaatkan lahan kosong berukuran 1,75 meter X 9 meter di belakang kelas, para siswa SD Negeri 3 Donorojo, Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen menanami lahan tersebut dengan cabai dan aneka tananamn sayuran. Kegiatan tersebut sebagai implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema kewirausahaan, yang diwujudkan berupa “Gerakan Bertanam” atau Gertam.

Gerakan bertanam dimulai pada awal Januari lalu. Setelah dirawat selama kurang lebih empat bulan, dan tanaman tumbuh dengan baik, kemudian pada hari Sabtu (27/4/2024), dipanen. Para siswa dan guru SDN 3 Donorojo bergotong royong memanen cabai dan aneka sayur segar (Sugar), seperti Bayam, Caisim dan Pakcoy.

Plt Kepala SD Negeri 3 Donorojo, Jamroh S.Pd, SD, M.Pd mengemukakan, Gertam diinisasi oleh guru dengan melibatkan semua siswa. Tujuan Gertam untuk melatih siswa dalam mengolah lahan yang ditanami cabai dan aneka sayuran segar.

Setelah panen, langsung diolah menjadi masakan, dan dimakan bersama oleh 170 siswa Kelas I hingga kelas VI, dan paguyuban orang tua siwa/wali siswa serta guru. Sebelumnya, para siswa sudah membawa bekal nasi, lauk dan buah dari rumah.Tanaman Bayam, Caisim dan Pokcay yang tumbuh subur, karena dirawat dengan baik.

“Kegiatan makan siang bersama ini sekaligus mengenalkan manfaat sayuran pada siswa mengingat saat ini banyak siswa yang tidak suka sayuran,” ujar Jamroh kepada EDUKATOR.

Jamroh mengemukakan, Gertam dengan memanfaatkan lahan kosong itu sebagai media pembelajaran bagi siswa. Dalam hal ini, siswa diajari cara bercocok tanam dimulai dengan membawa tanah yang sudah dicampur pupuk kandang dari rumah, kemudian tanaman dimasukkan ke media plastik polibak, lalu dirawat, disirami hingga memanen.Memanfaatkan polibak untuk bercocok tanam

Jamroh juga mengemukakan, SD Negeri 3 Donorojo selama ini membiasakan siswanya makan bersama di sekolah, dengan menu makanan sehat, yang diberi nama “Isi Piringku”. “Pada kegiatan Isi Piringku ini, anak-anak kami biasakan membawa makanan dari rumah yang terdiri dari nasi, sayur, lauk, dan buah,” ujar Jamroh.

Kewirausahaan

Sementara itu Koordinator P5 SD Negeri 3 Donorojo Sri Fazaroh, S.Pd mengatakan, Gertam sebagai salah satu implementasi projek P5 dengan tema kewirausahaan. “Tujuannya menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada siswa sebagai bekal masa depan,” ujarnya.

Sri Fazaroh juga berterima kasih kepada paguyuban kelas yang beranggotakan orang tua dan wali siswa, yang ikut menyukesakan Gertam. “Harapan kami ke depan, sekolah lebih bisa meningkatkan kerjasama dengan orang tua dan wali siswa untuk eningkatkan mutu Pendidikan di SDN 3 Donorojo,” harapnya. (Prasetiyo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.