Meriah, Pelepasan Siswa dan Pagelaran Seni SMP Negeri 4 Satu Atap Karangjambu

by -445 Views
Foto bersama kepala SMPN 4 Satap Karangjambu, jajaran dewan guru dan siswa kelas IX yang dilepas. (Foto: Humas SMPN 4 Satap Karangjambu/EDUKATOR)

PURBALINGGA, EDUKATOR–SMP Negeri 4 Satu Atap Karangjambu mengadakan acara Pelepasan dan Wisuda 24 siswa kelas IX yang sekaligus dirangkaikan dengan gelar seni P5 pada hari Kamis (13/6/2024. Ini lulusan ke 13 dari SMP yang berada di ujung utara Kabupaten Purbalingga.

Acara tersebut berlangsung meriah, di halaman sekolah setempat, dihadiri para siswa, guru, wali murid, serta undangan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga dan Komite Sekolah.

Sebanyak 24 siswa Kelas IX yang merupakan lulusan ke 13 sekolah ini, mengikuti acara perpisahan dan upacara pelepasan.Kepala SMPN 4 Satap Karangjambu Nokman Riyanto, M.Pd saat memberikan sambutan.

Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan penampilan tari tradisional yang dibawakan oleh siswa kelas VII sebagai pembukaan. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan doa, serta menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diikuti oleh seluruh hadirin.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Satu Atap Karangjambu, Nokman Riyanto, M.Pd, mengucapkan selamat kepada para siswa yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan selama tiga tahun di sekolah ini.

“Semoga ilmu yang kalian peroleh di sini menjadi bekal yang bermanfaat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan meraih cita-cita kalian. Jangan berhenti sekolah pada titik ini tetapi teruslah meraih cita-cita kalian, pendidikan itu merupakan investasi untuk masa depan.” ujarnya.

Nokman juga mengapresiasi kerja keras para guru dan dukungan orang tua dalam mendampingi siswa-siswi hingga mereka mencapai titik ini.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan peserta didik kelas IX kepada orang tua/wali. Setiap siswa dilakukan pengalungan samir dan menerima sertifikat kelulusan yang diserahkan oleh Suwiyanti, S.Pd. Selaku Wali Kelas IX.

Setelah sesi wisuda, acara dilanjutkan dengan gelar seni P5 yang menampilkan berbagai kreasi seni tari dari para siswa dimana dibawakan Tari Tumandang, Tari Saman Ratoh Jaroe, Tari Jaranan.

Penampilan musik tradisional gamelan oleh grup Turonggo Mudo Spen4sa Gardajita Seto yang mengiringi serangkaian tarian siswa lainnya. Sedangkan Paduan suara kelas IX Menampilkan lagu Hymne Guru dan Semua Tentang Kita. Tak kalah terdapat pula Penampilan Duet Mualifah dan Diah yang membawakan lagu Kuasamu dan Kinaya dan Adila dengan lagu Yang terbaik bagimu.

Gelar seni P5 ini bertujuan untuk menampilkan bakat dan kreativitas siswa di bidang seni, sekaligus menutup tahun ajaran dengan semangat dan kebersamaan.
Momen yang paling dinanti oleh para siswa dan orang tua adalah pengumuman penghargaan untuk siswa berprestasi dalam bidang akademik dan non-akademik. Beberapa siswa menerima penghargaan khusus atas pencapaian mereka di berbagai kompetisi, baik di tingkat sekolah maupun kabupaten.

“Acara ini bukan hanya menjadi ajang perpisahan, tetapi juga wadah untuk menunjukkan bakat dan prestasi siswa yang telah dibina selama di sekolah ini,” ujar Khotibul selaku Ketua Komite Sekolah dalam sambutannya.

Acara ditutup dengan pelepasan balon ke udara bersama-sama. Kegiatan pelepasan siswa dan gelar seni P5 ini diharapkan dapat menjadi kenangan indah bagi para siswa yang akan melanjutkan perjuangan mereka di jenjang pendidikan berikutnya. (Humas SMPN 4 Satu Atap Karangjambu)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.